Perancangan media promosi dan Identitas Visual Desa Wisata Bale Bukit Zaitun Provinsi Sumatera Utara

Wisata alam merupakan tujuan wisata yang sedang marak dan seringdiperbincangkan belakangan ini, karena semakin banyak masyarakat khususnya yangbertempat tinggal di perkotaan ingin merasakan suasana alam yang menyejukkan dandamai. Hal ini dilakukan banyak orang untuk relaksasi sejenak dari suasana pe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUKARNO, Samuel Videy
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi DKV Jurusan Disain FSR ISI Yk 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46525
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-46525
record_format oai_dc
spelling isilib-465252022-08-12T15:12:37Z Perancangan media promosi dan Identitas Visual Desa Wisata Bale Bukit Zaitun Provinsi Sumatera Utara SUKARNO, Samuel Videy Desa wisata, media promosi, identitas visual Prodi DKV Jurusan Disain FSR ISI Yk 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46525 - DK/Suk/p/2021 Wisata alam merupakan tujuan wisata yang sedang marak dan seringdiperbincangkan belakangan ini, karena semakin banyak masyarakat khususnya yangbertempat tinggal di perkotaan ingin merasakan suasana alam yang menyejukkan dandamai. Hal ini dilakukan banyak orang untuk relaksasi sejenak dari suasana perkotaanyang padat kendaraan dan sesak penuh polusi. Dengan begitu Desa Wisata Bale BukitZaitun hadir sebagai jawaban keinginan bagi banyak orang yang ingin merasakansuasana alam yang masih asri dan terjaga kelestarian lingkungannya. Tidak hanyamemiliki suasana alam namun juga memiliki nilai budaya sejak zaman leluhur hinggazaman sekarang yang masih dilestarikan dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari.Namun dari banyaknya potensi tersebut desa wisata ini masih memiliki beberapakekurangan dari sisi media promosi dan identitas visual yang dibutuhkan gunamenambahkan nilai positif bagi desa wisata ini menjadi lebih matang lagi dalam sisipengembangan desa wisata.Data yang digunakan sebagai dasar rancangan ini dikumpulkan dan dianalisismenggunakan metode kualitatif dengan jenis analisis SWOT (Strength, Weakness,Opportunity, dan Threat) karena bersifat lebih fleksibel dan eksploratif ketikadigunakan untuk mengumpulkan data yang dapat membantu perancangan ini lebihtepat sasaran dan sesuai kebutuhannya.Tujuan perancangan ini dibuat agar masyarakat lokal sekitar Kepulauan Niasmaupun masyarakat seluruh Indonesia bisa mengetahui bahwa ada desa wisata yangmenarik untuk dikunjungi yang berlokasi di Desa Hilimböwö, Kabupaten Nias Barat.Begitu juga manfaat perancangan ini bagi Desa Wisata Bale Bukit Zaitun adalahterciptanya identitas visual yang dapat dikenal dengan mudah oleh masyarakat dandiharapkan kedepannya bisa tertanam pada benak masyarakat.Kesimpulannya perancangan ini dikemas dalam bentuk media promosi danbeberapa media dalam lingkup identitas visual yang dibangun pada lingkungan desawisata demi menunjang kualitas Desa Wisata Bale Bukit Zaitun menjadi lebih baik lagidari sisi desain komunikasi visual. Oleh karena itu perancangan ini sangat dibutuhkanbagi Desa Wisata Bale Bukit Zaitun demi menunjang keberhasilan desa wisata ini. Yogyakarta xvi, 97 hal.: 30 cm DK/Suk/p/2021 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Desa wisata, media promosi, identitas visual
DK/Suk/p/2021
spellingShingle Desa wisata, media promosi, identitas visual
DK/Suk/p/2021
SUKARNO, Samuel Videy
Perancangan media promosi dan Identitas Visual Desa Wisata Bale Bukit Zaitun Provinsi Sumatera Utara
description Wisata alam merupakan tujuan wisata yang sedang marak dan seringdiperbincangkan belakangan ini, karena semakin banyak masyarakat khususnya yangbertempat tinggal di perkotaan ingin merasakan suasana alam yang menyejukkan dandamai. Hal ini dilakukan banyak orang untuk relaksasi sejenak dari suasana perkotaanyang padat kendaraan dan sesak penuh polusi. Dengan begitu Desa Wisata Bale BukitZaitun hadir sebagai jawaban keinginan bagi banyak orang yang ingin merasakansuasana alam yang masih asri dan terjaga kelestarian lingkungannya. Tidak hanyamemiliki suasana alam namun juga memiliki nilai budaya sejak zaman leluhur hinggazaman sekarang yang masih dilestarikan dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari.Namun dari banyaknya potensi tersebut desa wisata ini masih memiliki beberapakekurangan dari sisi media promosi dan identitas visual yang dibutuhkan gunamenambahkan nilai positif bagi desa wisata ini menjadi lebih matang lagi dalam sisipengembangan desa wisata.Data yang digunakan sebagai dasar rancangan ini dikumpulkan dan dianalisismenggunakan metode kualitatif dengan jenis analisis SWOT (Strength, Weakness,Opportunity, dan Threat) karena bersifat lebih fleksibel dan eksploratif ketikadigunakan untuk mengumpulkan data yang dapat membantu perancangan ini lebihtepat sasaran dan sesuai kebutuhannya.Tujuan perancangan ini dibuat agar masyarakat lokal sekitar Kepulauan Niasmaupun masyarakat seluruh Indonesia bisa mengetahui bahwa ada desa wisata yangmenarik untuk dikunjungi yang berlokasi di Desa Hilimböwö, Kabupaten Nias Barat.Begitu juga manfaat perancangan ini bagi Desa Wisata Bale Bukit Zaitun adalahterciptanya identitas visual yang dapat dikenal dengan mudah oleh masyarakat dandiharapkan kedepannya bisa tertanam pada benak masyarakat.Kesimpulannya perancangan ini dikemas dalam bentuk media promosi danbeberapa media dalam lingkup identitas visual yang dibangun pada lingkungan desawisata demi menunjang kualitas Desa Wisata Bale Bukit Zaitun menjadi lebih baik lagidari sisi desain komunikasi visual. Oleh karena itu perancangan ini sangat dibutuhkanbagi Desa Wisata Bale Bukit Zaitun demi menunjang keberhasilan desa wisata ini.
format Tugas Akhir
author SUKARNO, Samuel Videy
author_facet SUKARNO, Samuel Videy
author_sort SUKARNO, Samuel Videy
title Perancangan media promosi dan Identitas Visual Desa Wisata Bale Bukit Zaitun Provinsi Sumatera Utara
title_short Perancangan media promosi dan Identitas Visual Desa Wisata Bale Bukit Zaitun Provinsi Sumatera Utara
title_full Perancangan media promosi dan Identitas Visual Desa Wisata Bale Bukit Zaitun Provinsi Sumatera Utara
title_fullStr Perancangan media promosi dan Identitas Visual Desa Wisata Bale Bukit Zaitun Provinsi Sumatera Utara
title_full_unstemmed Perancangan media promosi dan Identitas Visual Desa Wisata Bale Bukit Zaitun Provinsi Sumatera Utara
title_sort perancangan media promosi dan identitas visual desa wisata bale bukit zaitun provinsi sumatera utara
publisher Prodi DKV Jurusan Disain FSR ISI Yk
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46525
_version_ 1741202413294977024