Metode Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Muhammadiyah Karangbendo
Untuk meningkatkan kerjasama siswa maka diperlukan sebuah kegiatan pembelajaran dengan metode belajar salah satunya adalah metode diskusi kelompok kecil. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Karangbendo Banguntapan Bantul, dengan menggunakan kelas 5 yang nilai kerjasama siswa pada mata pel...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Skripsi |
Language: | Indonesia |
Published: |
Universitas Ahmad Dahlan
2022
|
Online Access: | http://digilib.uad.ac.id/penelitian/Penelitian/detail/127261 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Untuk meningkatkan kerjasama siswa maka diperlukan sebuah kegiatan pembelajaran dengan metode belajar salah satunya adalah metode diskusi kelompok kecil. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Karangbendo Banguntapan Bantul, dengan menggunakan kelas 5 yang nilai kerjasama siswa pada mata pelajaran IPAnya masih rendah.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadaptasi model PTK John Elliot yang diawali dari Perencanaan, Pelaksanaan, Tindakan, Pengamatan (observasi), dan Refleksi. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan kerjasama siswa pada pembelajaran IPA kelas 5 SD Muh |
---|