Metode Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Muhammadiyah Karangbendo

Untuk meningkatkan kerjasama siswa maka diperlukan sebuah kegiatan pembelajaran dengan metode belajar salah satunya adalah metode diskusi kelompok kecil. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Karangbendo Banguntapan Bantul, dengan menggunakan kelas 5 yang nilai kerjasama siswa pada mata pel...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ERNING RUKMAYA
Format: Skripsi
Language:Indonesia
Published: Universitas Ahmad Dahlan 2022
Online Access:http://digilib.uad.ac.id/penelitian/Penelitian/detail/127261
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Untuk meningkatkan kerjasama siswa maka diperlukan sebuah kegiatan pembelajaran dengan metode belajar salah satunya adalah metode diskusi kelompok kecil. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Karangbendo Banguntapan Bantul, dengan menggunakan kelas 5 yang nilai kerjasama siswa pada mata pelajaran IPAnya masih rendah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadaptasi model PTK John Elliot yang diawali dari Perencanaan, Pelaksanaan, Tindakan, Pengamatan (observasi), dan Refleksi. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan kerjasama siswa pada pembelajaran IPA kelas 5 SD Muh