Metode Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Muhammadiyah Karangbendo

Untuk meningkatkan kerjasama siswa maka diperlukan sebuah kegiatan pembelajaran dengan metode belajar salah satunya adalah metode diskusi kelompok kecil. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Karangbendo Banguntapan Bantul, dengan menggunakan kelas 5 yang nilai kerjasama siswa pada mata pel...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ERNING RUKMAYA
Format: Skripsi
Language:Indonesia
Published: Universitas Ahmad Dahlan 2022
Online Access:http://digilib.uad.ac.id/penelitian/Penelitian/detail/127261
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id oai:digilib.uad.ac.id:127261
record_format oai_dc
spelling oai:digilib.uad.ac.id:1272612022-08-26Metode Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Muhammadiyah KarangbendoERNING RUKMAYAUntuk meningkatkan kerjasama siswa maka diperlukan sebuah kegiatan pembelajaran dengan metode belajar salah satunya adalah metode diskusi kelompok kecil. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Karangbendo Banguntapan Bantul, dengan menggunakan kelas 5 yang nilai kerjasama siswa pada mata pelajaran IPAnya masih rendah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadaptasi model PTK John Elliot yang diawali dari Perencanaan, Pelaksanaan, Tindakan, Pengamatan (observasi), dan Refleksi. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan kerjasama siswa pada pembelajaran IPA kelas 5 SD MuhUniversitas Ahmad Dahlan2022Skripsihttp://digilib.uad.ac.id/penelitian/Penelitian/detail/127261Indonesia
institution Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesia
description Untuk meningkatkan kerjasama siswa maka diperlukan sebuah kegiatan pembelajaran dengan metode belajar salah satunya adalah metode diskusi kelompok kecil. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Karangbendo Banguntapan Bantul, dengan menggunakan kelas 5 yang nilai kerjasama siswa pada mata pelajaran IPAnya masih rendah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadaptasi model PTK John Elliot yang diawali dari Perencanaan, Pelaksanaan, Tindakan, Pengamatan (observasi), dan Refleksi. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan kerjasama siswa pada pembelajaran IPA kelas 5 SD Muh
format Skripsi
author ERNING RUKMAYA
spellingShingle ERNING RUKMAYA
Metode Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Muhammadiyah Karangbendo
author_facet ERNING RUKMAYA
author_sort ERNING RUKMAYA
title Metode Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Muhammadiyah Karangbendo
title_short Metode Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Muhammadiyah Karangbendo
title_full Metode Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Muhammadiyah Karangbendo
title_fullStr Metode Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Muhammadiyah Karangbendo
title_full_unstemmed Metode Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Muhammadiyah Karangbendo
title_sort metode diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan kerjasama siswa pada pembelajaran ipa kelas v sd muhammadiyah karangbendo
publisher Universitas Ahmad Dahlan
publishDate 2022
url http://digilib.uad.ac.id/penelitian/Penelitian/detail/127261
_version_ 1742474946678882304