PENERAPAN COLLABORATIVE CUSTOMER RELATIONSHIPrnMANAGEMENT (CRM) PADA CV KOMISIONER DHARMA BHAKTI

Saat ini perkembangan toko online sangatlah pesat. Maka dari itu dibutuhkan layanan-layanan aplikasi untuk pelanggan yang bisa membantu pelanggan berkomunikasi dengan perurahaan atau admin sebuah toko online tersebut. Collaborative Customer Rellationship Management merupakan layanan untuk proses ada...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Deborah Kurniawati, S.Kom., M.Cs., Rahmatin, Binti Sulis - 125610136
Language:Indonesian
Published: STMIK AKAKOM Yogyakarta 2017
Subjects:
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Saat ini perkembangan toko online sangatlah pesat. Maka dari itu dibutuhkan layanan-layanan aplikasi untuk pelanggan yang bisa membantu pelanggan berkomunikasi dengan perurahaan atau admin sebuah toko online tersebut. Collaborative Customer Rellationship Management merupakan layanan untuk proses adaptasi antara perusahaan dengan pelanggannya.rnDalam penelitian ini mempunyai beberapa prosedur pengerjaan antara lain, mencari interatur, perancangan sistem, implementasi, pengujian dan presentasi prosedur tersebut dilakukan untuk mengetahui keadaan di lapangan. Sedangkan untuk membangun sistem membutuhkan prangkat lunak yaitu Windows 7 sebagai sistem operasi, PHP sebagai bahasa pemrograman, MYSQL sebagai database server, Google Chrome sebagai browser, Notpad++ 6.3.3 sebagai editor script php dan html. Sedangkan Perangkat keras terdiri dari komputer server, komputer client, dan jaringan Internet.rnProses aplikasi kolaboratif pelayanan meliputi email dan forum diskusi yang menyediakan fasilitas interaksi antara perusahaan dengan pelanggannya.rnKata kunci : CRM, Collaborative, email, forum diskusi