PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)rnPADA PENDERITA TB (TUBERCULOSIS)rnBERBASIS WEB DAN SMS GATEWAYrnDI BALAI KESEHATAN PARU MASYARAKAT (BKPM)rnWILAYAH KLATEN
Penelitian bertujuan menerapkan konsep Customer RelationshiprnManagement (CRM) berbasis web sehingga menghasilkan website bagi BalairnKesehatan Paru Masyarakat (BKPM) wilayah Klaten. Sistem yang dibangunrnterdapat enam aktor yaitu : masyarakat umum, pasien, dokter, tenaga medis,rnpimpinan, petugas....
Saved in:
Main Authors: | , |
---|---|
Language: | Indonesian |
Published: |
STMIK AKAKOM Yoyakarta
2017
|
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
oai:opac.utdi.ac.id:slims-11000 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
oai:opac.utdi.ac.id:slims-110002020-08-10T13:32:14Z PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)rnPADA PENDERITA TB (TUBERCULOSIS)rnBERBASIS WEB DAN SMS GATEWAYrnDI BALAI KESEHATAN PARU MASYARAKAT (BKPM)rnWILAYAH KLATEN Hera Wasiati Wicaksono, Bujang Putro - 135610046 STMIK AKAKOM Yoyakarta 2017 id Text Skripsi http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=11000 Penelitian bertujuan menerapkan konsep Customer RelationshiprnManagement (CRM) berbasis web sehingga menghasilkan website bagi BalairnKesehatan Paru Masyarakat (BKPM) wilayah Klaten. Sistem yang dibangunrnterdapat enam aktor yaitu : masyarakat umum, pasien, dokter, tenaga medis,rnpimpinan, petugas. Selanjutnya penelitian bertitik pada penanganan penderitarnTuberculosis di BKPM Wilayah Klaten. Tuberculosis adalah penyakit infeksirnyang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Pengobatan penyakitrnTuberculosis erat hubungannya dengan kepatuhan berobat penderita secararnteratur, serta rutin melakukan kontrol periodik sesuai jadwal yang ditetapkan.rnPihak BKPM wilayah Klaten memiliki peran untuk terus mengingatkan pasienrnjika sudah waktunya melakukan kontrol, cara mengingatkan pasien dilakukanrnmelalui SMS (Short Message Service).rnDengan adanya website maka dapat memberikan kemudahan dalamrnmemberi informasi bagi masyarakat umum dan khususnya bagi pasien,rnmemudahkan pasien mendaftar pemeriksaan terlebih dahulu melalui website. Bagirnpihak BKPM wilayah Klaten memudahkan dalam pengelolaan data sertarnmemudahkan dalam pembuatan laporan-laporan yang dibutuhkan.rnSistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan databasernMySQL untuk mempermudah dalam penyimpanan data. Untuk pemberitahuanrnyang dilakukan melalui SMS maka penggunaan SMS Gateway dapat menjadirnsolusi. SMS Gateway dapat digunakan untuk komunikasi dua arah, mengirim danrnmenerima pesan, maka SMS Gateway cocok digunakan sebagai SMS Center dirnBKPM wilayah Klaten untuk meningkatkan kualitas komunikasi.rnKata Kunci : Customer Relationship Management, PHP, SMS GatewayrnTuberculosis, Website. Yogyakarta xv,80 hlm.; ilus 28 cm |
institution |
UTDI |
collection |
Universitas Teknologi Digital Indonesia |
language |
Indonesian |
description |
Penelitian bertujuan menerapkan konsep Customer RelationshiprnManagement (CRM) berbasis web sehingga menghasilkan website bagi BalairnKesehatan Paru Masyarakat (BKPM) wilayah Klaten. Sistem yang dibangunrnterdapat enam aktor yaitu : masyarakat umum, pasien, dokter, tenaga medis,rnpimpinan, petugas. Selanjutnya penelitian bertitik pada penanganan penderitarnTuberculosis di BKPM Wilayah Klaten. Tuberculosis adalah penyakit infeksirnyang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Pengobatan penyakitrnTuberculosis erat hubungannya dengan kepatuhan berobat penderita secararnteratur, serta rutin melakukan kontrol periodik sesuai jadwal yang ditetapkan.rnPihak BKPM wilayah Klaten memiliki peran untuk terus mengingatkan pasienrnjika sudah waktunya melakukan kontrol, cara mengingatkan pasien dilakukanrnmelalui SMS (Short Message Service).rnDengan adanya website maka dapat memberikan kemudahan dalamrnmemberi informasi bagi masyarakat umum dan khususnya bagi pasien,rnmemudahkan pasien mendaftar pemeriksaan terlebih dahulu melalui website. Bagirnpihak BKPM wilayah Klaten memudahkan dalam pengelolaan data sertarnmemudahkan dalam pembuatan laporan-laporan yang dibutuhkan.rnSistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan databasernMySQL untuk mempermudah dalam penyimpanan data. Untuk pemberitahuanrnyang dilakukan melalui SMS maka penggunaan SMS Gateway dapat menjadirnsolusi. SMS Gateway dapat digunakan untuk komunikasi dua arah, mengirim danrnmenerima pesan, maka SMS Gateway cocok digunakan sebagai SMS Center dirnBKPM wilayah Klaten untuk meningkatkan kualitas komunikasi.rnKata Kunci : Customer Relationship Management, PHP, SMS GatewayrnTuberculosis, Website. |
author |
Hera Wasiati Wicaksono, Bujang Putro - 135610046 |
spellingShingle |
Hera Wasiati Wicaksono, Bujang Putro - 135610046 PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)rnPADA PENDERITA TB (TUBERCULOSIS)rnBERBASIS WEB DAN SMS GATEWAYrnDI BALAI KESEHATAN PARU MASYARAKAT (BKPM)rnWILAYAH KLATEN |
author_facet |
Hera Wasiati Wicaksono, Bujang Putro - 135610046 |
author_sort |
Hera Wasiati |
title |
PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)rnPADA PENDERITA TB (TUBERCULOSIS)rnBERBASIS WEB DAN SMS GATEWAYrnDI BALAI KESEHATAN PARU MASYARAKAT (BKPM)rnWILAYAH KLATEN |
title_short |
PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)rnPADA PENDERITA TB (TUBERCULOSIS)rnBERBASIS WEB DAN SMS GATEWAYrnDI BALAI KESEHATAN PARU MASYARAKAT (BKPM)rnWILAYAH KLATEN |
title_full |
PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)rnPADA PENDERITA TB (TUBERCULOSIS)rnBERBASIS WEB DAN SMS GATEWAYrnDI BALAI KESEHATAN PARU MASYARAKAT (BKPM)rnWILAYAH KLATEN |
title_fullStr |
PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)rnPADA PENDERITA TB (TUBERCULOSIS)rnBERBASIS WEB DAN SMS GATEWAYrnDI BALAI KESEHATAN PARU MASYARAKAT (BKPM)rnWILAYAH KLATEN |
title_full_unstemmed |
PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)rnPADA PENDERITA TB (TUBERCULOSIS)rnBERBASIS WEB DAN SMS GATEWAYrnDI BALAI KESEHATAN PARU MASYARAKAT (BKPM)rnWILAYAH KLATEN |
title_sort |
penerapan customer relationship management (crm)rnpada penderita tb (tuberculosis)rnberbasis web dan sms gatewayrndi balai kesehatan paru masyarakat (bkpm)rnwilayah klaten |
publisher |
STMIK AKAKOM Yoyakarta |
publishDate |
2017 |
callnumber-raw |
http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=11000 |
callnumber-search |
http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=11000 |
_version_ |
1741201035520638976 |