PENENTUAN KINERJA AKADEMIK DOSEN BERDASARKANrnKUESIONER MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE FUZZYrnMAMDANI (STUDI KASUS: STMIK AKAKOM YOGYAKARTA)

Salah satu aktivitas yang berhubungan dengan dunia pendidikan adalahrnproses belajar-mengajar yang merupakan proses utama dalam peningkatan kinerjarndosen. Kinerja dosen adalah kemampuan yang ditunjukkan oleh dosen dalamrnmelaksanakan tugas atau pekerjaannya. Kinerja dikatakan baik dan memuaskanrnap...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Dini Faktasari, S.T., M.T, Primanto, Adi - 155410139
Language:Indonesian
Published: STMIK AKAKOM 2019
Subjects:
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Salah satu aktivitas yang berhubungan dengan dunia pendidikan adalahrnproses belajar-mengajar yang merupakan proses utama dalam peningkatan kinerjarndosen. Kinerja dosen adalah kemampuan yang ditunjukkan oleh dosen dalamrnmelaksanakan tugas atau pekerjaannya. Kinerja dikatakan baik dan memuaskanrnapabila hasil yang dicapai sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.rnDengan menggunakan metode fuzzy mamdani, sistem ini dibangun agarrndapat membantu dalam menentukan tingkat kinerja akademik dosen berdasarkanrnkuesioner mahasiswa. Dalam penentuan tersebut digunakan 3 buah parameter yaiturnproses belajar mengajar, kemampuan dosen, dan ketersediaan sarana.rnHasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang dapat menentukanrntingkat kinerja akademik dosen. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakanrnmetode fuzzy mamdani kinerja akademik dosen pada semester ganjil diperoleh nilairnB (Baik) sebanyak 32 sedangkan untuk semester genap diperoleh nilai SB (SangatrnBaik) sebanyak 1, C (Cukup) sebanyak 1 dan B (Baik) sebanyak 30. Ketepatan hasilrnperhitungan dengan penentuan nilai kinerja akademik dosen didapatkan hasil 90%.rnKata kunci : Fuzzy Mamdani, Kinerja Akademik Dosen, PHP, LOM (Largest ofrnMaximum).