PENENTUAN KINERJA AKADEMIK DOSEN BERDASARKANrnKUESIONER MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE FUZZYrnMAMDANI (STUDI KASUS: STMIK AKAKOM YOGYAKARTA)
Salah satu aktivitas yang berhubungan dengan dunia pendidikan adalahrnproses belajar-mengajar yang merupakan proses utama dalam peningkatan kinerjarndosen. Kinerja dosen adalah kemampuan yang ditunjukkan oleh dosen dalamrnmelaksanakan tugas atau pekerjaannya. Kinerja dikatakan baik dan memuaskanrnap...
Saved in:
Main Authors: | , |
---|---|
Language: | Indonesian |
Published: |
STMIK AKAKOM
2019
|
Subjects: | |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
oai:opac.utdi.ac.id:slims-154 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
oai:opac.utdi.ac.id:slims-1542020-08-10T13:32:14Z PENENTUAN KINERJA AKADEMIK DOSEN BERDASARKANrnKUESIONER MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE FUZZYrnMAMDANI (STUDI KASUS: STMIK AKAKOM YOGYAKARTA) Dini Faktasari, S.T., M.T Primanto, Adi - 155410139 Kuesioner Fuzzy Mamdani Metode Fuzzy STMIK AKAKOM 2019 id Text Skripsi http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=154 Salah satu aktivitas yang berhubungan dengan dunia pendidikan adalahrnproses belajar-mengajar yang merupakan proses utama dalam peningkatan kinerjarndosen. Kinerja dosen adalah kemampuan yang ditunjukkan oleh dosen dalamrnmelaksanakan tugas atau pekerjaannya. Kinerja dikatakan baik dan memuaskanrnapabila hasil yang dicapai sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.rnDengan menggunakan metode fuzzy mamdani, sistem ini dibangun agarrndapat membantu dalam menentukan tingkat kinerja akademik dosen berdasarkanrnkuesioner mahasiswa. Dalam penentuan tersebut digunakan 3 buah parameter yaiturnproses belajar mengajar, kemampuan dosen, dan ketersediaan sarana.rnHasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang dapat menentukanrntingkat kinerja akademik dosen. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakanrnmetode fuzzy mamdani kinerja akademik dosen pada semester ganjil diperoleh nilairnB (Baik) sebanyak 32 sedangkan untuk semester genap diperoleh nilai SB (SangatrnBaik) sebanyak 1, C (Cukup) sebanyak 1 dan B (Baik) sebanyak 30. Ketepatan hasilrnperhitungan dengan penentuan nilai kinerja akademik dosen didapatkan hasil 90%.rnKata kunci : Fuzzy Mamdani, Kinerja Akademik Dosen, PHP, LOM (Largest ofrnMaximum). Yogyakarta xiii, 51 hlm.; ilus.; 29 cm |
institution |
UTDI |
collection |
Universitas Teknologi Digital Indonesia |
language |
Indonesian |
topic |
Kuesioner Fuzzy Mamdani Metode Fuzzy |
spellingShingle |
Kuesioner Fuzzy Mamdani Metode Fuzzy Dini Faktasari, S.T., M.T Primanto, Adi - 155410139 PENENTUAN KINERJA AKADEMIK DOSEN BERDASARKANrnKUESIONER MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE FUZZYrnMAMDANI (STUDI KASUS: STMIK AKAKOM YOGYAKARTA) |
description |
Salah satu aktivitas yang berhubungan dengan dunia pendidikan adalahrnproses belajar-mengajar yang merupakan proses utama dalam peningkatan kinerjarndosen. Kinerja dosen adalah kemampuan yang ditunjukkan oleh dosen dalamrnmelaksanakan tugas atau pekerjaannya. Kinerja dikatakan baik dan memuaskanrnapabila hasil yang dicapai sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.rnDengan menggunakan metode fuzzy mamdani, sistem ini dibangun agarrndapat membantu dalam menentukan tingkat kinerja akademik dosen berdasarkanrnkuesioner mahasiswa. Dalam penentuan tersebut digunakan 3 buah parameter yaiturnproses belajar mengajar, kemampuan dosen, dan ketersediaan sarana.rnHasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang dapat menentukanrntingkat kinerja akademik dosen. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakanrnmetode fuzzy mamdani kinerja akademik dosen pada semester ganjil diperoleh nilairnB (Baik) sebanyak 32 sedangkan untuk semester genap diperoleh nilai SB (SangatrnBaik) sebanyak 1, C (Cukup) sebanyak 1 dan B (Baik) sebanyak 30. Ketepatan hasilrnperhitungan dengan penentuan nilai kinerja akademik dosen didapatkan hasil 90%.rnKata kunci : Fuzzy Mamdani, Kinerja Akademik Dosen, PHP, LOM (Largest ofrnMaximum). |
author |
Dini Faktasari, S.T., M.T Primanto, Adi - 155410139 |
author_facet |
Dini Faktasari, S.T., M.T Primanto, Adi - 155410139 |
author_sort |
Dini Faktasari, S.T., M.T |
title |
PENENTUAN KINERJA AKADEMIK DOSEN BERDASARKANrnKUESIONER MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE FUZZYrnMAMDANI (STUDI KASUS: STMIK AKAKOM YOGYAKARTA) |
title_short |
PENENTUAN KINERJA AKADEMIK DOSEN BERDASARKANrnKUESIONER MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE FUZZYrnMAMDANI (STUDI KASUS: STMIK AKAKOM YOGYAKARTA) |
title_full |
PENENTUAN KINERJA AKADEMIK DOSEN BERDASARKANrnKUESIONER MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE FUZZYrnMAMDANI (STUDI KASUS: STMIK AKAKOM YOGYAKARTA) |
title_fullStr |
PENENTUAN KINERJA AKADEMIK DOSEN BERDASARKANrnKUESIONER MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE FUZZYrnMAMDANI (STUDI KASUS: STMIK AKAKOM YOGYAKARTA) |
title_full_unstemmed |
PENENTUAN KINERJA AKADEMIK DOSEN BERDASARKANrnKUESIONER MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE FUZZYrnMAMDANI (STUDI KASUS: STMIK AKAKOM YOGYAKARTA) |
title_sort |
penentuan kinerja akademik dosen berdasarkanrnkuesioner mahasiswa menggunakan metode fuzzyrnmamdani (studi kasus: stmik akakom yogyakarta) |
publisher |
STMIK AKAKOM |
publishDate |
2019 |
callnumber-raw |
http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=154 |
callnumber-search |
http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=154 |
_version_ |
1741198942256758784 |