IMPLEMENTASI METODE A* DALAM PERGERAKAN NPC (NON PLAYABLE CHARACTER) MENGGUNAKAN UNITY 3D

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan sebuah game yang terdapat objek NPC atau bukan pemain untuk meningkatkan tantangan di dalam game sehingga dalam penelitian ini dilakukan pengujian untuk membuat NPC dapat mencari lintasan sendiri dengan menggunakan metode yang dapat mencari target dengan li...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Faturrahman, Hafid - 165410034, Pius Dian Widi Anggoro, S.Si, M.Cs.
Language:Indonesian
Published: STMIK AKAKOM 2020
Subjects:
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id oai:opac.utdi.ac.id:slims-16051
record_format oai_dc
spelling oai:opac.utdi.ac.id:slims-160512020-11-06T11:35:51Z IMPLEMENTASI METODE A* DALAM PERGERAKAN NPC (NON PLAYABLE CHARACTER) MENGGUNAKAN UNITY 3D Faturrahman, Hafid - 165410034 Pius Dian Widi Anggoro, S.Si, M.Cs. Pemrograman Game STMIK AKAKOM 2020 id Text Skripsi http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=16051 Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan sebuah game yang terdapat objek NPC atau bukan pemain untuk meningkatkan tantangan di dalam game sehingga dalam penelitian ini dilakukan pengujian untuk membuat NPC dapat mencari lintasan sendiri dengan menggunakan metode yang dapat mencari target dengan lintasan yang lebih dekat dalam game dengan genre bertahan hidup dan labirin sehingga digunakanlah metode A* sebagai metode penelitian.Penelitian ini diterapkan dalam game labirin dengan menggunakan metode A* dalam pergerakan NPC (Non Playable Character) menggunakan Unity 3D dan juga menggunakan bahasa pemrograman C#. Dengan melakukan pengujian menggunakan penghalang dan tidak menggunakan halangan dengan 10 kali pengujian dalam setiap kasus, serta menampilkan hasil dari perhitungan NPC untuk mendapatkan nilai lintasan terdekat berupa nilai F, G, dan H di console UNITY 3D, maka dalam penelitian ini dapat dihasilkan penggunaan A* dapat diterapkan dalam game serta dapat memilih dan menghitung lintasan yang memiliki jalur terpendek dengan nilai rata-rata.Dengan tercapainya pengujian ini sehingga di hasilkan nilai lintasan terdekat baik menggunakan rintangan atau tidak sehingga didapatkan nilai rata-rata dari F,G, dan H untuk masing-masing studi kasus yaitu rata-rata jarak, wakttu pencarian dan jumlah operasi perhitungan.Kata Kunci : A-star, Game labirin, Npc, Pathpending, Unity. Yogyakarta
institution UTDI
collection Universitas Teknologi Digital Indonesia
language Indonesian
topic Pemrograman Game
spellingShingle Pemrograman Game
Faturrahman, Hafid - 165410034
Pius Dian Widi Anggoro, S.Si, M.Cs.
IMPLEMENTASI METODE A* DALAM PERGERAKAN NPC (NON PLAYABLE CHARACTER) MENGGUNAKAN UNITY 3D
description Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan sebuah game yang terdapat objek NPC atau bukan pemain untuk meningkatkan tantangan di dalam game sehingga dalam penelitian ini dilakukan pengujian untuk membuat NPC dapat mencari lintasan sendiri dengan menggunakan metode yang dapat mencari target dengan lintasan yang lebih dekat dalam game dengan genre bertahan hidup dan labirin sehingga digunakanlah metode A* sebagai metode penelitian.Penelitian ini diterapkan dalam game labirin dengan menggunakan metode A* dalam pergerakan NPC (Non Playable Character) menggunakan Unity 3D dan juga menggunakan bahasa pemrograman C#. Dengan melakukan pengujian menggunakan penghalang dan tidak menggunakan halangan dengan 10 kali pengujian dalam setiap kasus, serta menampilkan hasil dari perhitungan NPC untuk mendapatkan nilai lintasan terdekat berupa nilai F, G, dan H di console UNITY 3D, maka dalam penelitian ini dapat dihasilkan penggunaan A* dapat diterapkan dalam game serta dapat memilih dan menghitung lintasan yang memiliki jalur terpendek dengan nilai rata-rata.Dengan tercapainya pengujian ini sehingga di hasilkan nilai lintasan terdekat baik menggunakan rintangan atau tidak sehingga didapatkan nilai rata-rata dari F,G, dan H untuk masing-masing studi kasus yaitu rata-rata jarak, wakttu pencarian dan jumlah operasi perhitungan.Kata Kunci : A-star, Game labirin, Npc, Pathpending, Unity.
author Faturrahman, Hafid - 165410034
Pius Dian Widi Anggoro, S.Si, M.Cs.
author_facet Faturrahman, Hafid - 165410034
Pius Dian Widi Anggoro, S.Si, M.Cs.
author_sort Faturrahman, Hafid - 165410034
title IMPLEMENTASI METODE A* DALAM PERGERAKAN NPC (NON PLAYABLE CHARACTER) MENGGUNAKAN UNITY 3D
title_short IMPLEMENTASI METODE A* DALAM PERGERAKAN NPC (NON PLAYABLE CHARACTER) MENGGUNAKAN UNITY 3D
title_full IMPLEMENTASI METODE A* DALAM PERGERAKAN NPC (NON PLAYABLE CHARACTER) MENGGUNAKAN UNITY 3D
title_fullStr IMPLEMENTASI METODE A* DALAM PERGERAKAN NPC (NON PLAYABLE CHARACTER) MENGGUNAKAN UNITY 3D
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI METODE A* DALAM PERGERAKAN NPC (NON PLAYABLE CHARACTER) MENGGUNAKAN UNITY 3D
title_sort implementasi metode a* dalam pergerakan npc (non playable character) menggunakan unity 3d
publisher STMIK AKAKOM
publishDate 2020
callnumber-raw http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=16051
callnumber-search http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=16051
_version_ 1741202004069318656