PEMANFAATAN TELEGRAM BOT UNTUK APLIKASI PENGADUAN KELUHAN INTERNAL PLN UP2D JTY DCC YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE WEBHOOK

Sistem pengaduan keluhan internal UP2D DCC Yogyakarta selama ini hanya disampaikan secara langsung sehingga tidak ada record yang tersimpan. Akan lebih baik apabila transaksi tersebut tersimpan pada sistem yang terpadu, sehingga memudahkan setiap orang untuk mengakses dan mengetahui tentang informas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Edi Iskandar, S.T., M.Cs., Raditya, Priska Arif - 155410009
Language:Indonesian
Published: STMIK AKAKOM 2020
Subjects:
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id oai:opac.utdi.ac.id:slims-16059
record_format oai_dc
spelling oai:opac.utdi.ac.id:slims-160592020-11-09T10:34:36Z PEMANFAATAN TELEGRAM BOT UNTUK APLIKASI PENGADUAN KELUHAN INTERNAL PLN UP2D JTY DCC YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE WEBHOOK Edi Iskandar, S.T., M.Cs. Raditya, Priska Arif - 155410009 Aplikasi Berbasis Web STMIK AKAKOM 2020 id Text Skripsi http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=16059 Sistem pengaduan keluhan internal UP2D DCC Yogyakarta selama ini hanya disampaikan secara langsung sehingga tidak ada record yang tersimpan. Akan lebih baik apabila transaksi tersebut tersimpan pada sistem yang terpadu, sehingga memudahkan setiap orang untuk mengakses dan mengetahui tentang informasi keluhan tersebut. Oleh karena itu diperlukan sistem untuk menampung beberapa hal di atas.Telegram mesengger merupakan salah satu social messenger yang penuh dengan fitur-fitur uniknya. Salah satunya adalah fitur bot-nya (Telegram Bot). Telegram Bot API menawarkan platform untuk pengembang yang memungkinkan mereka untuk dengan mudah menangkap data dan mengubahnya menjadi informasi yang berguna.Aplikasi ini terbagi menjadi dua, yaitu aplikasi berbasis web dan aplikasi berbasis mobile (telegram bot). Aplikasi berbasis mobile yang dikembangkan menggunakan metode komunikasi webhook. Metode ini dipilih karena bot tidak harus melakukan update secara terus-menerus karena bot ditanam di sebuah Uniform Resource Locator (URL). Ketika ada pesan masuk, pesan tersebut akan ditampilkan atau diteruskan ke URL yang telah diatur untuk selanjutnya diproses oleh bot.Dari pengujian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa aplikasi dapat berfungsi sesuai dengan rancangan. Setelah dilakukan pengujian waktu respon terhadap perintah, waktu respon dengan metode webhook lebih cepat dibandingkan dengan metode long polling Yogyakarta http://opac.utdi.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/1_HALAMAN_DEPAN.jpg.jpg
institution UTDI
collection Universitas Teknologi Digital Indonesia
language Indonesian
topic Aplikasi Berbasis Web
spellingShingle Aplikasi Berbasis Web
Edi Iskandar, S.T., M.Cs.
Raditya, Priska Arif - 155410009
PEMANFAATAN TELEGRAM BOT UNTUK APLIKASI PENGADUAN KELUHAN INTERNAL PLN UP2D JTY DCC YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE WEBHOOK
description Sistem pengaduan keluhan internal UP2D DCC Yogyakarta selama ini hanya disampaikan secara langsung sehingga tidak ada record yang tersimpan. Akan lebih baik apabila transaksi tersebut tersimpan pada sistem yang terpadu, sehingga memudahkan setiap orang untuk mengakses dan mengetahui tentang informasi keluhan tersebut. Oleh karena itu diperlukan sistem untuk menampung beberapa hal di atas.Telegram mesengger merupakan salah satu social messenger yang penuh dengan fitur-fitur uniknya. Salah satunya adalah fitur bot-nya (Telegram Bot). Telegram Bot API menawarkan platform untuk pengembang yang memungkinkan mereka untuk dengan mudah menangkap data dan mengubahnya menjadi informasi yang berguna.Aplikasi ini terbagi menjadi dua, yaitu aplikasi berbasis web dan aplikasi berbasis mobile (telegram bot). Aplikasi berbasis mobile yang dikembangkan menggunakan metode komunikasi webhook. Metode ini dipilih karena bot tidak harus melakukan update secara terus-menerus karena bot ditanam di sebuah Uniform Resource Locator (URL). Ketika ada pesan masuk, pesan tersebut akan ditampilkan atau diteruskan ke URL yang telah diatur untuk selanjutnya diproses oleh bot.Dari pengujian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa aplikasi dapat berfungsi sesuai dengan rancangan. Setelah dilakukan pengujian waktu respon terhadap perintah, waktu respon dengan metode webhook lebih cepat dibandingkan dengan metode long polling
author Edi Iskandar, S.T., M.Cs.
Raditya, Priska Arif - 155410009
author_facet Edi Iskandar, S.T., M.Cs.
Raditya, Priska Arif - 155410009
author_sort Edi Iskandar, S.T., M.Cs.
title PEMANFAATAN TELEGRAM BOT UNTUK APLIKASI PENGADUAN KELUHAN INTERNAL PLN UP2D JTY DCC YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE WEBHOOK
title_short PEMANFAATAN TELEGRAM BOT UNTUK APLIKASI PENGADUAN KELUHAN INTERNAL PLN UP2D JTY DCC YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE WEBHOOK
title_full PEMANFAATAN TELEGRAM BOT UNTUK APLIKASI PENGADUAN KELUHAN INTERNAL PLN UP2D JTY DCC YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE WEBHOOK
title_fullStr PEMANFAATAN TELEGRAM BOT UNTUK APLIKASI PENGADUAN KELUHAN INTERNAL PLN UP2D JTY DCC YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE WEBHOOK
title_full_unstemmed PEMANFAATAN TELEGRAM BOT UNTUK APLIKASI PENGADUAN KELUHAN INTERNAL PLN UP2D JTY DCC YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE WEBHOOK
title_sort pemanfaatan telegram bot untuk aplikasi pengaduan keluhan internal pln up2d jty dcc yogyakarta menggunakan metode webhook
publisher STMIK AKAKOM
publishDate 2020
callnumber-raw http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=16059
callnumber-search http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=16059
_version_ 1741202005629599744