SISTEM ANTRIAN PEMBAYARAN SPP MENGGUNAKAN QUICK RESPONSE CODE SEBAGAI IDENTITAS ANTRIAN DI STMIK AKAKOM YOGYAKARTA

Memberikan pelayanan yang baik kepada mahasiswa merupakan sebuahnilai tambah bagi sebuah Perguruan Tinggi atau Universitas, khususnya padalayanan yang membutuhkan antrian. Di STMIK Akakom, pada prosespembayaran SPP masih menggunakan proses antrian secara manual, yaitu setiapmahasiswa datang ke loket...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Agung Budi Prasetyo, S.Kom., M.Kom., Susanti, Oktavi - 155410104
Language:Indonesian
Published: STMIK AKAKOM 2020
Subjects:
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Memberikan pelayanan yang baik kepada mahasiswa merupakan sebuahnilai tambah bagi sebuah Perguruan Tinggi atau Universitas, khususnya padalayanan yang membutuhkan antrian. Di STMIK Akakom, pada prosespembayaran SPP masih menggunakan proses antrian secara manual, yaitu setiapmahasiswa datang ke loket pembayaran dan mengantri sehingga akan terjadipenumpukkan antrian ketika jumlah mahasiswa meningkat. Sistem manual inijuga membuat orang menghabiskan waktunya untuk menunggu dan sangatberpengaruh terhadap perilaku serta kepuasan mahasiswa.Sistem informasi antrian pembayaran ini dibangun untuk informasi antrianyang dapat terkoneksi dengan mahasiswa secara real-time, sehingga dapatmemberikan informasi estimasi waktu pelayanan kepada mahasiswa melaluismartphone tanpa perlu datang ke lokasi. Aplikasi ini secara umum dibangunmenggunakan bahasa pemrograman PHP, QR Code sebagai baca data, MySQLuntuk database-nya, PHPMailer untuk push notification reminder antrian.