AUDIT TATA KELOLA SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5.0

Teknologi Informasi (TI) dapat meningkatkan keunggulan bersaing suatuorganisasi, sehingga banyak organisasi bergantung pada TI, tidak terkecualidengan STMIK Akakom Yogyakarta. Dalam menjalankan aktivitas utamanya,STMIK Akakom didukung oleh Sistem Informasi Akademik (SIAKAD).COBIT adalah standar cont...

Descripción completa

Guardado en:
Detalles Bibliográficos
Autores principales: Erna Hudianti Pujiarini, S.Si., M.Si., Wibowo, Arif - 175410179
Lenguaje:Indonesian
Publicado: STMIK AKAKOM 2020
Materias:
Etiquetas: Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
PINJAM
Descripción
Sumario:Teknologi Informasi (TI) dapat meningkatkan keunggulan bersaing suatuorganisasi, sehingga banyak organisasi bergantung pada TI, tidak terkecualidengan STMIK Akakom Yogyakarta. Dalam menjalankan aktivitas utamanya,STMIK Akakom didukung oleh Sistem Informasi Akademik (SIAKAD).COBIT adalah standar control Sistem Informasi (SI) yang sifatnya umumserta dapat diterima dan diterapkan oleh organisasi. Penelitian ini bertujuan untukmelakukan audit SIAKAD dengan cara melakukan analisis internal control-nyamenggunakan COBIT framework. Dalam penelitian ini, domain COBIT 5domain Evaluate Align, Plan, and Organize (APO) yaitu pada proses APO099(mengelola perjanjian), Build, Acquare, and Implement (BAI) yaitu pada prosesBAI04 (mengelola ketersediaan dan kapasitas) BAI06 (mengelola perubahan),Deliver, Service and Support (DSS) yaitu pada proses DSS01 (mengelolaOperasi), DSS02 (mengelola layanan permintaan dan insiden), DSS03(mengelola masalah) dan DSS04 (mengelola keberlangsungan), yang dipilihuntuk dilakukan perbandingan pada setiap level proses IT COBIT. Hasilpenelitian menemukan bahwa STMIK Akakom belum semua memiliki internalcontrol di setiap level control process IT COBIT domain APO, APO099, BAI,BAI04, DSS, DSS01, DSS02, DSS03, DSS04 dimana internal control tersebutmemberikan jaminan bahwa layanan akademik seperti KRS, Perkuliahan danInput nilai dilakukan berdasarkan standar operasi prosedur (SOP) yang sudahditetapkan.