PENGENALAN BAGIAN KENDARAAN MENGGUNAKANTEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODEOBJECT RECOGNITION BERBASIS ANDROID
Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda mayadua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tigadimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.Salah satu metode baru Augmented Reality (AR) yang sedang berkembang adalahmetode obj...
Saved in:
Main Authors: | , |
---|---|
Language: | Indonesian |
Published: |
STMIK AKAKOM
2020
|
Subjects: | |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
oai:opac.utdi.ac.id:slims-16211 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
oai:opac.utdi.ac.id:slims-162112021-01-14T11:00:45Z PENGENALAN BAGIAN KENDARAAN MENGGUNAKANTEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODEOBJECT RECOGNITION BERBASIS ANDROID Pius Dian Widi Anggoro, S.Si., M.Cs Putra, Adetiya Burhasan - 195410244 OBJECT RECOGNITION Teknologi Augmented Reality STMIK AKAKOM 2020 id Text Skripsi http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=16211 Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda mayadua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tigadimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.Salah satu metode baru Augmented Reality (AR) yang sedang berkembang adalahmetode object recognition. Metode ini memungkinkan pengguna untuk dapatmendeteksi dan melacak objek fisik nyata 3D dengan bentuk yang sedikit kompleksseperti mainan (action figure atau kendaraan) atau produk konsumen lainnya.Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi pengenalan kendaraanmenggunakan metode marker Object Recognition berdasarkan objek fisik nyataatau riil dengan berberapa bentuk objek mainan yang digunakan yaitu mobil, tank,dan helikopter, menguji kecepatan deteksi berdasarkan jarak dan posisi dari objektersebut, dan menguji pendeteksian dua buah objek dengan detail yang sama danukuran yang berbeda.Dari hasil pembahasan dan pengujian yang dilakukan pada aplikasi tersebutmenunjukkan bahwa aplikasi mampu mendeteksi object targets yang digunakan,dan dapat ditarik kesimpulan dimana jarak, sudut atau posisi, dan pencahayaan saatpendeteksian object targets serta seberapa baik kualitas Object Data File (*.OD)dari hasil scanning objek nyata yang digunakan, dapat memengaruhi kecepatan dankestabilan dari objek virtual 3D yang akan ditampilkan pada smartphone.Kata Kunci: Augmented Reality, Kendaraan, Mainan, Object Data file, ObjectRecognition, Object Targets Yogyakarta |
institution |
UTDI |
collection |
Universitas Teknologi Digital Indonesia |
language |
Indonesian |
topic |
OBJECT RECOGNITION Teknologi Augmented Reality |
spellingShingle |
OBJECT RECOGNITION Teknologi Augmented Reality Pius Dian Widi Anggoro, S.Si., M.Cs Putra, Adetiya Burhasan - 195410244 PENGENALAN BAGIAN KENDARAAN MENGGUNAKANTEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODEOBJECT RECOGNITION BERBASIS ANDROID |
description |
Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda mayadua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tigadimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.Salah satu metode baru Augmented Reality (AR) yang sedang berkembang adalahmetode object recognition. Metode ini memungkinkan pengguna untuk dapatmendeteksi dan melacak objek fisik nyata 3D dengan bentuk yang sedikit kompleksseperti mainan (action figure atau kendaraan) atau produk konsumen lainnya.Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi pengenalan kendaraanmenggunakan metode marker Object Recognition berdasarkan objek fisik nyataatau riil dengan berberapa bentuk objek mainan yang digunakan yaitu mobil, tank,dan helikopter, menguji kecepatan deteksi berdasarkan jarak dan posisi dari objektersebut, dan menguji pendeteksian dua buah objek dengan detail yang sama danukuran yang berbeda.Dari hasil pembahasan dan pengujian yang dilakukan pada aplikasi tersebutmenunjukkan bahwa aplikasi mampu mendeteksi object targets yang digunakan,dan dapat ditarik kesimpulan dimana jarak, sudut atau posisi, dan pencahayaan saatpendeteksian object targets serta seberapa baik kualitas Object Data File (*.OD)dari hasil scanning objek nyata yang digunakan, dapat memengaruhi kecepatan dankestabilan dari objek virtual 3D yang akan ditampilkan pada smartphone.Kata Kunci: Augmented Reality, Kendaraan, Mainan, Object Data file, ObjectRecognition, Object Targets |
author |
Pius Dian Widi Anggoro, S.Si., M.Cs Putra, Adetiya Burhasan - 195410244 |
author_facet |
Pius Dian Widi Anggoro, S.Si., M.Cs Putra, Adetiya Burhasan - 195410244 |
author_sort |
Pius Dian Widi Anggoro, S.Si., M.Cs |
title |
PENGENALAN BAGIAN KENDARAAN MENGGUNAKANTEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODEOBJECT RECOGNITION BERBASIS ANDROID |
title_short |
PENGENALAN BAGIAN KENDARAAN MENGGUNAKANTEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODEOBJECT RECOGNITION BERBASIS ANDROID |
title_full |
PENGENALAN BAGIAN KENDARAAN MENGGUNAKANTEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODEOBJECT RECOGNITION BERBASIS ANDROID |
title_fullStr |
PENGENALAN BAGIAN KENDARAAN MENGGUNAKANTEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODEOBJECT RECOGNITION BERBASIS ANDROID |
title_full_unstemmed |
PENGENALAN BAGIAN KENDARAAN MENGGUNAKANTEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODEOBJECT RECOGNITION BERBASIS ANDROID |
title_sort |
pengenalan bagian kendaraan menggunakanteknologi augmented reality dengan metodeobject recognition berbasis android |
publisher |
STMIK AKAKOM |
publishDate |
2020 |
callnumber-raw |
http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=16211 |
callnumber-search |
http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=16211 |
_version_ |
1741202035752042496 |