IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK PENETAPANSTRATEGI PENJUALAN MENGGUNAKAN ASSOCIATIONRULE DI DIGIZONE CLOTHING YOGYAKARTA

Mulai dari tahun 2018 pebisnis online terus meningkat dari sebelumnya 1,6% menjadi 3,1% dari populasi Indonesia dikutip dari Kominfo. Hal ini dapatberdampak positif bagi dunia TIK untuk terus meningkatkan kinerja mereka untukmengembangkan semua lini yang berada di sistem perputaran bisnis online.Dig...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Ariesta Damayanti, S.Kom., M.Cs., Sugiyono, Noki - 165410074
Language:Indonesian
Published: STMIK AKAKOM 2021
Subjects:
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id oai:opac.utdi.ac.id:slims-16264
record_format oai_dc
spelling oai:opac.utdi.ac.id:slims-162642021-03-01T10:13:55Z IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK PENETAPANSTRATEGI PENJUALAN MENGGUNAKAN ASSOCIATIONRULE DI DIGIZONE CLOTHING YOGYAKARTA Ariesta Damayanti, S.Kom., M.Cs. Sugiyono, Noki - 165410074 Association Rule penjualan baju Implementasi Data Mining STMIK AKAKOM 2021 id Text Skripsi http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=16264 Mulai dari tahun 2018 pebisnis online terus meningkat dari sebelumnya 1,6% menjadi 3,1% dari populasi Indonesia dikutip dari Kominfo. Hal ini dapatberdampak positif bagi dunia TIK untuk terus meningkatkan kinerja mereka untukmengembangkan semua lini yang berada di sistem perputaran bisnis online.Digizone Clothing adalah salah satu distro hobby yang berada diYogyakarta. Setiap transaksi pasti menghasilkan data penjualan. Akan tetapi belumdapat memaksimalkan permanfaatan data tersebut. Data transaksi penjualan hanyadisimpan tanpa dilakukan analaisis lebih lanjut.Diperlukan suatu sistem untukmenganalisis data transaksi penjualan dengan menggunakan data mining sebagaisuatu tekhnis analisis data yang dapat membantu distro untuk memperoleh pola polapenjualan dalam membantu distro tersebut untuk menentukan promo bundling.Algoritma yang digunakan sebagai proses utama dari analisis database adalahalgoritma apriori dengan menggunakan minimum support, minimum confidence,frequent itemset dan data transaksi untuk menemukan aturan asosiasi.Percobaan menggunakan 500 data transaksi dari bukan Januari sampaiDesember tahun 2019.Pengujian menggunakan minimum support 10% danminimum confidence 40%. Jika aturan minimum confidence kurang dari 40% makaaturan tidak memenuhi standard yang diinginkan, dengan itu dapat diterapkanstrategi untuk promo bundling.Kata kunci : Algoritma Apriori, Data mining, Digizone Clothing, Pola Pembelian Yogyakarta
institution UTDI
collection Universitas Teknologi Digital Indonesia
language Indonesian
topic Association Rule
penjualan baju
Implementasi Data Mining
spellingShingle Association Rule
penjualan baju
Implementasi Data Mining
Ariesta Damayanti, S.Kom., M.Cs.
Sugiyono, Noki - 165410074
IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK PENETAPANSTRATEGI PENJUALAN MENGGUNAKAN ASSOCIATIONRULE DI DIGIZONE CLOTHING YOGYAKARTA
description Mulai dari tahun 2018 pebisnis online terus meningkat dari sebelumnya 1,6% menjadi 3,1% dari populasi Indonesia dikutip dari Kominfo. Hal ini dapatberdampak positif bagi dunia TIK untuk terus meningkatkan kinerja mereka untukmengembangkan semua lini yang berada di sistem perputaran bisnis online.Digizone Clothing adalah salah satu distro hobby yang berada diYogyakarta. Setiap transaksi pasti menghasilkan data penjualan. Akan tetapi belumdapat memaksimalkan permanfaatan data tersebut. Data transaksi penjualan hanyadisimpan tanpa dilakukan analaisis lebih lanjut.Diperlukan suatu sistem untukmenganalisis data transaksi penjualan dengan menggunakan data mining sebagaisuatu tekhnis analisis data yang dapat membantu distro untuk memperoleh pola polapenjualan dalam membantu distro tersebut untuk menentukan promo bundling.Algoritma yang digunakan sebagai proses utama dari analisis database adalahalgoritma apriori dengan menggunakan minimum support, minimum confidence,frequent itemset dan data transaksi untuk menemukan aturan asosiasi.Percobaan menggunakan 500 data transaksi dari bukan Januari sampaiDesember tahun 2019.Pengujian menggunakan minimum support 10% danminimum confidence 40%. Jika aturan minimum confidence kurang dari 40% makaaturan tidak memenuhi standard yang diinginkan, dengan itu dapat diterapkanstrategi untuk promo bundling.Kata kunci : Algoritma Apriori, Data mining, Digizone Clothing, Pola Pembelian
author Ariesta Damayanti, S.Kom., M.Cs.
Sugiyono, Noki - 165410074
author_facet Ariesta Damayanti, S.Kom., M.Cs.
Sugiyono, Noki - 165410074
author_sort Ariesta Damayanti, S.Kom., M.Cs.
title IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK PENETAPANSTRATEGI PENJUALAN MENGGUNAKAN ASSOCIATIONRULE DI DIGIZONE CLOTHING YOGYAKARTA
title_short IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK PENETAPANSTRATEGI PENJUALAN MENGGUNAKAN ASSOCIATIONRULE DI DIGIZONE CLOTHING YOGYAKARTA
title_full IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK PENETAPANSTRATEGI PENJUALAN MENGGUNAKAN ASSOCIATIONRULE DI DIGIZONE CLOTHING YOGYAKARTA
title_fullStr IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK PENETAPANSTRATEGI PENJUALAN MENGGUNAKAN ASSOCIATIONRULE DI DIGIZONE CLOTHING YOGYAKARTA
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK PENETAPANSTRATEGI PENJUALAN MENGGUNAKAN ASSOCIATIONRULE DI DIGIZONE CLOTHING YOGYAKARTA
title_sort implementasi data mining untuk penetapanstrategi penjualan menggunakan associationrule di digizone clothing yogyakarta
publisher STMIK AKAKOM
publishDate 2021
callnumber-raw http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=16264
callnumber-search http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=16264
_version_ 1741202045729243136