PENGENALAN HEWAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGIAUGMENTED REALITY DENGAN METODE USER DEFINEDTARGET BERBASIS ANDROID
Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan bendamaya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tigadimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.Salah satu metode Augmented Reality (AR) yang sedang berkembang adalahmetode user def...
Saved in:
Main Authors: | , |
---|---|
Language: | Indonesian |
Published: |
STMIK AKAKOM
2021
|
Subjects: | |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan bendamaya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tigadimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.Salah satu metode Augmented Reality (AR) yang sedang berkembang adalahmetode user defined target. Metode ini memungkinkan pengguna akhir memilihatau gambar sendiri pada waktu proses pengambilan image target.Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi pengenalan hewanmenggunakan metode user defined dimana atau image target yang digunakan yaitugambar vector hewan, gambar foto hewan bewarna, gambar foto hewan grayscaledan, serta menguji kualitas marker atau image target berdasarkan jarak, posisi dansumber cahaya dari tersebut.Dari hasil pembahasan dan pengujian yang dilakukan pada aplikasi tersebutmenunjukkan bahwa aplikasi mampu mendeteksi yang digunakan, dan dapat ditarikkesimpulan dimana jarak, sudut atau posisi, dan pencahayaan saat pendeteksian ,dapat memengaruhi kestabilan dari objek virtual 3D yang akan ditampilkan padasmartphone.Kata Kunci: Augmented Reality, Hewan, User Defined Target. |
---|