INTELIGEN HARGA MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING DAN REGRESI LINEAR (STUDI KASUS TOKO DK NUTRITIONNIDO DI TOKOPEDIA)

Kemampuan untuk menemukan rekomendasi harga yang tepat sangat menentukannasib penjualan produk di pasaran. Hal ini diperlukan untuk mencegah tidaklakunya produk whey concentrate di pasaran dan untuk menghindari pelangganyang kabur atau berpindah ke kompetitor lain. Penelitian ini menawarkan solusi B...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Bambang P.D.P, Dr., S.E., S.Kom., MMSI, Fauzi, Arma - 19/11/3/MTI-TSD/3
Language:Indonesian
Published: UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI) 2022
Subjects:
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Kemampuan untuk menemukan rekomendasi harga yang tepat sangat menentukannasib penjualan produk di pasaran. Hal ini diperlukan untuk mencegah tidaklakunya produk whey concentrate di pasaran dan untuk menghindari pelangganyang kabur atau berpindah ke kompetitor lain. Penelitian ini menawarkan solusi BIuntuk masalah penetapan harga produk Whey Concentrate dari toko DkNutritionindo di Tokopedia menggunakan model inteligen harga (PriceIntelligence). K-Means Clustering untuk menentukan harga berbasis kompetitorterdekat dan regresi linear untuk peramalan tren penjualan. Hasilnya adalahrekomendasi untuk optimasi harga terbaik. Menggunakan 4 cluster, Harga 145000masuk dalam cluster-4. Terdapat 7 kompetitor dengan harga lebih murah dan 5harga lebih mahal. Harga tertinggi Cluster-4 adalah 495000 dan harga terendahadalah 90000. Hasil clustering diuji menggunakan LibreCalc dan Pyspark yangberjalan di Kali linux. Hasil peramalan permintaan bulan 26-33 memiliki 2 grafiknaik dan 6 grafik turun. Peramalan memiliki Akurasi 62,5%, Presisi 75%, Recall60%. MAPE = 28,95% menurut Lewis(1982) kekuatan peramalan dinyatakan layak(cukup baik). Grafik tren menunjukkan penurunan maka toko disarankanmenurunkan harga dengan Rekomendasi Harga sebesar 135000 sampai 90000.Kata Kunci: K-Means Clustering, Regresi Linear, Peramalan Permintaan,Inteligen Harga, Tokopedia.