APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF OLAHRAGALATIHAN BEBAN (FITNESS)

Muhammad, Y. M. (2022). Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif OlahragaLatihan Beban (fitness). Skripsi. Informatika. Universtitas Teknologi DigitalIndonesia. Pembimbing Adiyuda Prayitna, S.T., M.T.,Dalam penggunaan alat-alat dan melakukan gerakan-gerakan olahragalatihan beban (fitness), umumnya ora...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Adiyuda Prayitna, S.T., M.T., Prasetya, Yandrika Muhammad - 165410002
Language:Indonesian
Published: UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI) 2022
Subjects:
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Muhammad, Y. M. (2022). Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif OlahragaLatihan Beban (fitness). Skripsi. Informatika. Universtitas Teknologi DigitalIndonesia. Pembimbing Adiyuda Prayitna, S.T., M.T.,Dalam penggunaan alat-alat dan melakukan gerakan-gerakan olahragalatihan beban (fitness), umumnya orang-orang harus membuka internet kemudianmengakses youtube atau google untuk melihat cara penggunaan alat-alat, gerakan-gerakan yang benar dan mengetahui informasi lainnya tentang kesehatan tubuh, halini menjadi merepotkan dan memakan waktu lebih lama, karena mengaksesinformasi-informasi dari sumber-sumber yang berbeda. Oleh karena itu akandibangun sistem yang mencakup informasi cara penggunaan alat-alat, gerakan-gerakan olahraga latihan beban yang benar dan informasi lainnya yangberhubungan dengan kesehatan tubuh dalam satu paket aplikasi yang utuhmencakup semuanya.Langkah-langkah perencanaan pengembangan aplikasi media pembelajaraninteraktif olahraga latihan beban (fitness) meliputi analisis masalah dan kebutuhanserta pembuatan naskah materi, perancangan sistem use case diagram, activitydiagram, flow chart dan desain antarmuka sistem sesuai dengan analisis kebutuhantersebut. Berdasarkan hasil analisis masalah dan kebutuhan, media yang digunakanpengguna (user) perlu dikembangkan menjadi satu paket yang utuh melalui mediapembelajaran interaktif, isi materi yang mencakup pengenalan alat-alat dangerakan-gerakan olahraga latihan beban (fitness), serta informasi lainnya mengenaikesehatan yang berguna bagi tubuh.Bagi pengguna, aplikasi media pembelajaran ini dapat dipakai secaramandiri di manapun pengguna tersebut berada, baik di rumah atau tempat gymmelalui smartphone dengan koneksi atau tanpa koneksi internet. Proses instalasiaplikasi yang mudah seperti pada aplikasi-aplikasi android lainnya, sehinggapengguna tidak perlu bantuan orang lain dalam proses instalasi aplikasi ini. Bagipeneliti lain, aplikasi media pembelajaran interaktif olahraga latihan beban (fitness)ini menggunakan software Articulate Storyline 3 dalam proses pembuatannya, halyang perlu dilakukan peneliti lain untuk pengembangan lebih lanjut agar fungsi daricetak hasil dapat berjalan pada sistem operasi android dan menambahkan fungsidatabase agar data pengguna dapat disimpan dalam aplikasi.Kata Kunci : Articulate Storyline, Fitness, Media Pembelajara