PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENILAI KINERJA GURU MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERIMG (STUDI KASUS : SD NEGERI JATIMULYO)

Dalam Proses Belajar Mengajar Guru terdiri 2 jenis statusmengajar yaitu Guru Kelas dan Guru Mata Pelajaran. Untukmeningkatkan kualitas guru dalam menilai kinerja dalam prosesbelajar mengajar itu maka dilakukan Penilaian Kinerja Guru baikGuru Mapel maupun Guru Kelas oleh kepala sekolah pada semuaseko...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Femi Dwi Astuti, S.Kom., M.Cs, Irawan, Deni Malik - 155410091
Language:Indonesian
Published: UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI) 2022
Subjects:
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Dalam Proses Belajar Mengajar Guru terdiri 2 jenis statusmengajar yaitu Guru Kelas dan Guru Mata Pelajaran. Untukmeningkatkan kualitas guru dalam menilai kinerja dalam prosesbelajar mengajar itu maka dilakukan Penilaian Kinerja Guru baikGuru Mapel maupun Guru Kelas oleh kepala sekolah pada semuasekolah . Penilaian ini juga digunakan sebagai salah satu syarat untukkenaikan pangkat bagi guru status Pegawai. Kepala sekolah akanlambat dalam menilai guru yang kurang berintregritas jika gurudisekolah tersebut banyak. Penilaian kinerja guru harus mempunyaikeakuratan yang baik agar dapat menentukan guru manakah guru yangmemiliki kualitas mengajar dengan baik maupun kualitas mengajaryang buruk Penelitian ini betujuan untuk menerapkan teknikclustering sebagai salah satu solusi untuk mengelompokkan datapenilaian kinerja guru mapel dan guru kelas menggantikan metodekonvensional yang digunakan saat ini .Data Rata-Rata Kinerja Guru Mapel dan Guru Kelasdikelompokan berdasarkan kemiripan data tersebut sehingga datadengan hasil karakteristik yang sama akan berada dalam satu clutser.Atribut yang digunakan adalah Nama guru Kelas, Nilai Pedagogik,Nilai Profesional , Nilai Kepribadian dan Nilai Sosial bedasarkan rata-rata guru kelas dan guru mapel. Penilaian Clusternya meliputi Cluster1 Penilaian Kinerja Guru Mapel dan Guru Kelas bernilai buruk,Cluster 2 Penilaian Kinerja Guru Mapel dan Guru Kelas bernilaicukup, dan Cluster 3 Penilaian Kinerja Guru Mapel dan Guru Kelasbernilai baik.Cluster yang terbentuk setelah proses K-Means Clusteringadalah tiga cluster dengan cluster ketiga dengan niali kinerja guru baikberjumlah 1 kelas yaitu guru kelas 1 , cluster kedua 3 kelas yaitu gurukelas yaitu kelas 5, 6 dan guru pai dan cluster ketiga berjumlah 3kelas yaitu guru kelas yaitu kelas 2, 3 dan 4 Cluster dengan kategoriguru kinerja baik adalah cluster tiga. Hasil dari penelitian ini digunakansebagai salah satu dasar pengambilan keputusan untuk menentukankinerja guru SD Negeri Jatimulyo berdasarkan cluster yang terbentukoleh hasil perhitungan kuesioner tiap guru di SD JatimulyoKata Kunci : K-Means, Clustering, Kinerja Guru, Guru Mapel,Guru Kelas,SDNJatimulyo