METODE ITERASI UNTUK PENGEMBANGAN GAME RPGrnSTUDI KASUS GAME PANGERAN DIPONEGORO
RPG (Role Playing Game) adalah salah satu jenis aliran game dimanarnpemain mengontrol satu atau lebih karakter yang biasanya dirancang oleh pemainrndan menggunakannya untuk menyelesaikan serangkaian misi. RPG mempunyairnunsur-unsur cerita kompleks dan sifat unik yang dapat menarik perhatianrnpemainn...
Saved in:
Main Authors: | , |
---|---|
Language: | Indonesian |
Published: |
STMIK AKAKOM Yogyakarta
2017
|
Subjects: | |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
oai:opac.utdi.ac.id:slims-2183 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
oai:opac.utdi.ac.id:slims-21832020-08-10T13:32:14Z METODE ITERASI UNTUK PENGEMBANGAN GAME RPGrnSTUDI KASUS GAME PANGERAN DIPONEGORO Dison Librado, S.E., M.Kom. Handoko, Ryan Dwi - 125410044 Program Aplikasi STMIK AKAKOM Yogyakarta 2017 id Judul Buku http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2183 RPG (Role Playing Game) adalah salah satu jenis aliran game dimanarnpemain mengontrol satu atau lebih karakter yang biasanya dirancang oleh pemainrndan menggunakannya untuk menyelesaikan serangkaian misi. RPG mempunyairnunsur-unsur cerita kompleks dan sifat unik yang dapat menarik perhatianrnpemainnya untuk memerankan seorang karakter dalam game tersebut.rnHal ini membuat terciptanya sebuah ide untuk membangun game RPGrndengan menerapkan metode iterasi dalam pengembangannya. Metode iterasi akanrnmelalui 4 tahapan secara berurutan, yaitu tahapan desain, tahapan penerapan,rntahapan pengujian, dan tahapan evaluasi. Game maker yang digunakan untukrnmembangun game ini adalah RPG Maker XP dengan bahasa pemrograman Ruby.rnHasil akhir penelitian menunjukkan bahwa game Pangeran Diponegorornberjalan dengan baik tanpa ada kendala dan sudah layak untuk dimainkan olehrnpublik. Penggunaan metode iterasi dan RMXP sudah cukup efektif dan efisienrndalam pengembangan game berjenis aliran RPG yang berbasis desktop. Selainrndapat dijadikan sebagai media hiburan, game ini juga dapat dijadikan sebagairnmedia pembelajaran dan sumber referensi untuk penelitian berikutnya.rnKata kunci: Game, Iterasi, RPG, RPG Maker XP, Ruby. Yogyakarta x, 31 hlm, ilus; 29 cm |
institution |
UTDI |
collection |
Universitas Teknologi Digital Indonesia |
language |
Indonesian |
topic |
Program Aplikasi |
spellingShingle |
Program Aplikasi Dison Librado, S.E., M.Kom. Handoko, Ryan Dwi - 125410044 METODE ITERASI UNTUK PENGEMBANGAN GAME RPGrnSTUDI KASUS GAME PANGERAN DIPONEGORO |
description |
RPG (Role Playing Game) adalah salah satu jenis aliran game dimanarnpemain mengontrol satu atau lebih karakter yang biasanya dirancang oleh pemainrndan menggunakannya untuk menyelesaikan serangkaian misi. RPG mempunyairnunsur-unsur cerita kompleks dan sifat unik yang dapat menarik perhatianrnpemainnya untuk memerankan seorang karakter dalam game tersebut.rnHal ini membuat terciptanya sebuah ide untuk membangun game RPGrndengan menerapkan metode iterasi dalam pengembangannya. Metode iterasi akanrnmelalui 4 tahapan secara berurutan, yaitu tahapan desain, tahapan penerapan,rntahapan pengujian, dan tahapan evaluasi. Game maker yang digunakan untukrnmembangun game ini adalah RPG Maker XP dengan bahasa pemrograman Ruby.rnHasil akhir penelitian menunjukkan bahwa game Pangeran Diponegorornberjalan dengan baik tanpa ada kendala dan sudah layak untuk dimainkan olehrnpublik. Penggunaan metode iterasi dan RMXP sudah cukup efektif dan efisienrndalam pengembangan game berjenis aliran RPG yang berbasis desktop. Selainrndapat dijadikan sebagai media hiburan, game ini juga dapat dijadikan sebagairnmedia pembelajaran dan sumber referensi untuk penelitian berikutnya.rnKata kunci: Game, Iterasi, RPG, RPG Maker XP, Ruby. |
author |
Dison Librado, S.E., M.Kom. Handoko, Ryan Dwi - 125410044 |
author_facet |
Dison Librado, S.E., M.Kom. Handoko, Ryan Dwi - 125410044 |
author_sort |
Dison Librado, S.E., M.Kom. |
title |
METODE ITERASI UNTUK PENGEMBANGAN GAME RPGrnSTUDI KASUS GAME PANGERAN DIPONEGORO |
title_short |
METODE ITERASI UNTUK PENGEMBANGAN GAME RPGrnSTUDI KASUS GAME PANGERAN DIPONEGORO |
title_full |
METODE ITERASI UNTUK PENGEMBANGAN GAME RPGrnSTUDI KASUS GAME PANGERAN DIPONEGORO |
title_fullStr |
METODE ITERASI UNTUK PENGEMBANGAN GAME RPGrnSTUDI KASUS GAME PANGERAN DIPONEGORO |
title_full_unstemmed |
METODE ITERASI UNTUK PENGEMBANGAN GAME RPGrnSTUDI KASUS GAME PANGERAN DIPONEGORO |
title_sort |
metode iterasi untuk pengembangan game rpgrnstudi kasus game pangeran diponegoro |
publisher |
STMIK AKAKOM Yogyakarta |
publishDate |
2017 |
callnumber-raw |
http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2183 |
callnumber-search |
http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2183 |
_version_ |
1741199343217541120 |