METODE ITERASI UNTUK PENGEMBANGAN GAME RPGrnSTUDI KASUS GAME PANGERAN DIPONEGORO

RPG (Role Playing Game) adalah salah satu jenis aliran game dimanarnpemain mengontrol satu atau lebih karakter yang biasanya dirancang oleh pemainrndan menggunakannya untuk menyelesaikan serangkaian misi. RPG mempunyairnunsur-unsur cerita kompleks dan sifat unik yang dapat menarik perhatianrnpemainn...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Dison Librado, S.E., M.Kom., Handoko, Ryan Dwi - 125410044
Language:Indonesian
Published: STMIK AKAKOM Yogyakarta 2017
Subjects:
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id oai:opac.utdi.ac.id:slims-2183
record_format oai_dc
spelling oai:opac.utdi.ac.id:slims-21832020-08-10T13:32:14Z METODE ITERASI UNTUK PENGEMBANGAN GAME RPGrnSTUDI KASUS GAME PANGERAN DIPONEGORO Dison Librado, S.E., M.Kom. Handoko, Ryan Dwi - 125410044 Program Aplikasi STMIK AKAKOM Yogyakarta 2017 id Judul Buku http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2183 RPG (Role Playing Game) adalah salah satu jenis aliran game dimanarnpemain mengontrol satu atau lebih karakter yang biasanya dirancang oleh pemainrndan menggunakannya untuk menyelesaikan serangkaian misi. RPG mempunyairnunsur-unsur cerita kompleks dan sifat unik yang dapat menarik perhatianrnpemainnya untuk memerankan seorang karakter dalam game tersebut.rnHal ini membuat terciptanya sebuah ide untuk membangun game RPGrndengan menerapkan metode iterasi dalam pengembangannya. Metode iterasi akanrnmelalui 4 tahapan secara berurutan, yaitu tahapan desain, tahapan penerapan,rntahapan pengujian, dan tahapan evaluasi. Game maker yang digunakan untukrnmembangun game ini adalah RPG Maker XP dengan bahasa pemrograman Ruby.rnHasil akhir penelitian menunjukkan bahwa game Pangeran Diponegorornberjalan dengan baik tanpa ada kendala dan sudah layak untuk dimainkan olehrnpublik. Penggunaan metode iterasi dan RMXP sudah cukup efektif dan efisienrndalam pengembangan game berjenis aliran RPG yang berbasis desktop. Selainrndapat dijadikan sebagai media hiburan, game ini juga dapat dijadikan sebagairnmedia pembelajaran dan sumber referensi untuk penelitian berikutnya.rnKata kunci: Game, Iterasi, RPG, RPG Maker XP, Ruby. Yogyakarta x, 31 hlm, ilus; 29 cm
institution UTDI
collection Universitas Teknologi Digital Indonesia
language Indonesian
topic Program Aplikasi
spellingShingle Program Aplikasi
Dison Librado, S.E., M.Kom.
Handoko, Ryan Dwi - 125410044
METODE ITERASI UNTUK PENGEMBANGAN GAME RPGrnSTUDI KASUS GAME PANGERAN DIPONEGORO
description RPG (Role Playing Game) adalah salah satu jenis aliran game dimanarnpemain mengontrol satu atau lebih karakter yang biasanya dirancang oleh pemainrndan menggunakannya untuk menyelesaikan serangkaian misi. RPG mempunyairnunsur-unsur cerita kompleks dan sifat unik yang dapat menarik perhatianrnpemainnya untuk memerankan seorang karakter dalam game tersebut.rnHal ini membuat terciptanya sebuah ide untuk membangun game RPGrndengan menerapkan metode iterasi dalam pengembangannya. Metode iterasi akanrnmelalui 4 tahapan secara berurutan, yaitu tahapan desain, tahapan penerapan,rntahapan pengujian, dan tahapan evaluasi. Game maker yang digunakan untukrnmembangun game ini adalah RPG Maker XP dengan bahasa pemrograman Ruby.rnHasil akhir penelitian menunjukkan bahwa game Pangeran Diponegorornberjalan dengan baik tanpa ada kendala dan sudah layak untuk dimainkan olehrnpublik. Penggunaan metode iterasi dan RMXP sudah cukup efektif dan efisienrndalam pengembangan game berjenis aliran RPG yang berbasis desktop. Selainrndapat dijadikan sebagai media hiburan, game ini juga dapat dijadikan sebagairnmedia pembelajaran dan sumber referensi untuk penelitian berikutnya.rnKata kunci: Game, Iterasi, RPG, RPG Maker XP, Ruby.
author Dison Librado, S.E., M.Kom.
Handoko, Ryan Dwi - 125410044
author_facet Dison Librado, S.E., M.Kom.
Handoko, Ryan Dwi - 125410044
author_sort Dison Librado, S.E., M.Kom.
title METODE ITERASI UNTUK PENGEMBANGAN GAME RPGrnSTUDI KASUS GAME PANGERAN DIPONEGORO
title_short METODE ITERASI UNTUK PENGEMBANGAN GAME RPGrnSTUDI KASUS GAME PANGERAN DIPONEGORO
title_full METODE ITERASI UNTUK PENGEMBANGAN GAME RPGrnSTUDI KASUS GAME PANGERAN DIPONEGORO
title_fullStr METODE ITERASI UNTUK PENGEMBANGAN GAME RPGrnSTUDI KASUS GAME PANGERAN DIPONEGORO
title_full_unstemmed METODE ITERASI UNTUK PENGEMBANGAN GAME RPGrnSTUDI KASUS GAME PANGERAN DIPONEGORO
title_sort metode iterasi untuk pengembangan game rpgrnstudi kasus game pangeran diponegoro
publisher STMIK AKAKOM Yogyakarta
publishDate 2017
callnumber-raw http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2183
callnumber-search http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2183
_version_ 1741199343217541120