TEKNOLOGI RIGGING UNTUK ANIMASI DI OBJEK AUGMENTED rnREALITY PADA APLIKASI PENGENALAN PANDAWA LIMA

Dalam perkembangan teknologi munculah teknologi yang mampurnmemvisualkan suatu benda dalam bentuk 3D, yaitu Teknologi Augmented Realityrn(AR) yang merupakan teknologi yang menggabungkan benda 3D ke dalam sebuahrnlingkungan nyata dalam memvisualkan benda maya tersebut secara real-time.rnMetode pelaca...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Pius Dian W.A, S.Si., M.Cs., Ustadi, Nur Muhammad Al - 135410207
Language:Indonesian
Published: STMIK AKAKOM Yogyakarta 2017
Subjects:
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id oai:opac.utdi.ac.id:slims-2261
record_format oai_dc
spelling oai:opac.utdi.ac.id:slims-22612020-08-10T13:32:14Z TEKNOLOGI RIGGING UNTUK ANIMASI DI OBJEK AUGMENTED rnREALITY PADA APLIKASI PENGENALAN PANDAWA LIMA Pius Dian W.A, S.Si., M.Cs. Ustadi, Nur Muhammad Al - 135410207 Teknologi Animasi Program Aplikasi STMIK AKAKOM Yogyakarta 2017 id Text Skripsi http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2261 Dalam perkembangan teknologi munculah teknologi yang mampurnmemvisualkan suatu benda dalam bentuk 3D, yaitu Teknologi Augmented Realityrn(AR) yang merupakan teknologi yang menggabungkan benda 3D ke dalam sebuahrnlingkungan nyata dalam memvisualkan benda maya tersebut secara real-time.rnMetode pelacakan target yang digunakan oleh Vuforia adalah Marker BasedrnTracking dengan metode pendeteksian dengan mencari titik (interest point) ataurnsudut (corner) pada suatu gambar. Istilah corner dan interest point sering digunakanrnsecara bergantian.rnRigging adalah pemberian struktur tulang pada objek 3 dimensi, agar kerndepannya objek 3 dimensi tersebut dapat digerakkan melalui tulang tersebut.rnSkeleton terdiri dari tiga bagian yaitu root sebagai awal skeleton, tip sebagai ujungrnskeleton, dan bone sebagai penghubung antara root dan tip. Wayang Golek adalahrnsalah satu kesenian wayang tradisional dari Jawa Barat. berbeda dengan kesenianrnwayang di pulau jawa lainnya yang menggunakan kulit dalam pembuatanrnwayangnya, Wayang Golek merupakan kesenian wayang yang terbuat dari kayu.rnDalam pertunjukan Wayang Golek ini sama seperti pertunjukan wanyang lainnya,rnlakon dan cerita di mainkan oleh seorang dalang.rnPenelitian ini bertujuan untuk menjadikan teknologi Augmented Reality (AR)rnsebagai sarana untuk memvisualkan kesenian tradisional Wayang Golek kedalamrnsmartphone sehingga pengguna bisa mengenali sifat dan prilaku dari karakterrnwayang khususnya tokoh-tokoh Pandawa lima.rnKata kunci : augmented reality, marker based tracking, pandawa lima, skeleton,rnWayang Golek Yogyakarta xii, 39 hlm; ilus; 29 cm
institution UTDI
collection Universitas Teknologi Digital Indonesia
language Indonesian
topic Teknologi Animasi
Program Aplikasi
spellingShingle Teknologi Animasi
Program Aplikasi
Pius Dian W.A, S.Si., M.Cs.
Ustadi, Nur Muhammad Al - 135410207
TEKNOLOGI RIGGING UNTUK ANIMASI DI OBJEK AUGMENTED rnREALITY PADA APLIKASI PENGENALAN PANDAWA LIMA
description Dalam perkembangan teknologi munculah teknologi yang mampurnmemvisualkan suatu benda dalam bentuk 3D, yaitu Teknologi Augmented Realityrn(AR) yang merupakan teknologi yang menggabungkan benda 3D ke dalam sebuahrnlingkungan nyata dalam memvisualkan benda maya tersebut secara real-time.rnMetode pelacakan target yang digunakan oleh Vuforia adalah Marker BasedrnTracking dengan metode pendeteksian dengan mencari titik (interest point) ataurnsudut (corner) pada suatu gambar. Istilah corner dan interest point sering digunakanrnsecara bergantian.rnRigging adalah pemberian struktur tulang pada objek 3 dimensi, agar kerndepannya objek 3 dimensi tersebut dapat digerakkan melalui tulang tersebut.rnSkeleton terdiri dari tiga bagian yaitu root sebagai awal skeleton, tip sebagai ujungrnskeleton, dan bone sebagai penghubung antara root dan tip. Wayang Golek adalahrnsalah satu kesenian wayang tradisional dari Jawa Barat. berbeda dengan kesenianrnwayang di pulau jawa lainnya yang menggunakan kulit dalam pembuatanrnwayangnya, Wayang Golek merupakan kesenian wayang yang terbuat dari kayu.rnDalam pertunjukan Wayang Golek ini sama seperti pertunjukan wanyang lainnya,rnlakon dan cerita di mainkan oleh seorang dalang.rnPenelitian ini bertujuan untuk menjadikan teknologi Augmented Reality (AR)rnsebagai sarana untuk memvisualkan kesenian tradisional Wayang Golek kedalamrnsmartphone sehingga pengguna bisa mengenali sifat dan prilaku dari karakterrnwayang khususnya tokoh-tokoh Pandawa lima.rnKata kunci : augmented reality, marker based tracking, pandawa lima, skeleton,rnWayang Golek
author Pius Dian W.A, S.Si., M.Cs.
Ustadi, Nur Muhammad Al - 135410207
author_facet Pius Dian W.A, S.Si., M.Cs.
Ustadi, Nur Muhammad Al - 135410207
author_sort Pius Dian W.A, S.Si., M.Cs.
title TEKNOLOGI RIGGING UNTUK ANIMASI DI OBJEK AUGMENTED rnREALITY PADA APLIKASI PENGENALAN PANDAWA LIMA
title_short TEKNOLOGI RIGGING UNTUK ANIMASI DI OBJEK AUGMENTED rnREALITY PADA APLIKASI PENGENALAN PANDAWA LIMA
title_full TEKNOLOGI RIGGING UNTUK ANIMASI DI OBJEK AUGMENTED rnREALITY PADA APLIKASI PENGENALAN PANDAWA LIMA
title_fullStr TEKNOLOGI RIGGING UNTUK ANIMASI DI OBJEK AUGMENTED rnREALITY PADA APLIKASI PENGENALAN PANDAWA LIMA
title_full_unstemmed TEKNOLOGI RIGGING UNTUK ANIMASI DI OBJEK AUGMENTED rnREALITY PADA APLIKASI PENGENALAN PANDAWA LIMA
title_sort teknologi rigging untuk animasi di objek augmented rnreality pada aplikasi pengenalan pandawa lima
publisher STMIK AKAKOM Yogyakarta
publishDate 2017
callnumber-raw http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2261
callnumber-search http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2261
_version_ 1741199358141923328