ANALISIS KUALITAS USABILITY PADA LAYANAN APLIKASI GOJEK DI KOTA YOGYAKARTA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kebergunaaanrn(usability) aplikasi Go-Jek dengan metode McCall secara khusus di kotarnYogyakarta, (2) mengetahui hasil pengujian usability dengan menggunakanrnmetode McCall pada aplikasi Go-Jek dapat membantu pengembangan yang lebihrnefisien da...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Deborah Kurniawati, S.Kom., M.Cs., Makaborang, Ndapa - 165610125
Language:Indonesian
Published: STMIK AKAKOM 2019
Subjects:
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kebergunaaanrn(usability) aplikasi Go-Jek dengan metode McCall secara khusus di kotarnYogyakarta, (2) mengetahui hasil pengujian usability dengan menggunakanrnmetode McCall pada aplikasi Go-Jek dapat membantu pengembangan yang lebihrnefisien dalam penggunaannya bagi masyarakat di kota Yogyakarta (3)rnmembangun sebuah sistem pengujian faktor dalam usability dengan kriteriarnsatisfaction (tingkat kepuasan) terhadap penggunaan aplikasi gojek di kotarnYogyakarta.rnPenelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi pada penelitian inirnadalah seluruh pelanggan dan driver pengguna transportasi ojek online Go-Jek dirnKota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non probabilityrnsampling menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 71 orang.rnTeknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas danrnrealibilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.rnHasil penelitian menunjukan bahwa : (1) dapat dikatakan bahwa secararnkeseluruhan tingkat kepuasan pelanggan terhadap aplikasi Go-Jek termasuk kerndalam kategori baik / tinggi, (2) hasil uji realibilitas terhadap tingkat kepuasanrnpelanggan gojek yaitu reliabel karena nilai cronbach alpha lebih besar dari rrntabel, (3) Peneliti telah berhasil membangun sebuah sistem pengujian faktorrndalam usability dengan kriteria satisfaction (tingkat kepuasan) terhadaprnpenggunaan aplikasi gojek di kota Yogyakarta.rnKata Kunci : Kepuasan Pelanggan, Kebergunaan (usability), Kepuasan Pelanggan,rnOjek Online.