PENGENALAN BUAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGIrnAUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERrnTEXT RECOGNITION AND TRACKING BERBASISrnANDROID
Pengenalan buah menggunakan objek visual 3 dimensi lebih diminatirndalam pembelajaran dimasa pertumbuhan anak untuk menumbuhkan minat dalamrnmengkomsumsi buah maupun mengetauhi jenis-jenis buah yang akan di konsumsi.rnDisini dalam pengenalan buah masih banyak menggunakan poster maupun bukurnyang gam...
Saved in:
Main Authors: | , |
---|---|
Language: | Indonesian |
Published: |
STMIK AKAKOM
2019
|
Subjects: | |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Pengenalan buah menggunakan objek visual 3 dimensi lebih diminatirndalam pembelajaran dimasa pertumbuhan anak untuk menumbuhkan minat dalamrnmengkomsumsi buah maupun mengetauhi jenis-jenis buah yang akan di konsumsi.rnDisini dalam pengenalan buah masih banyak menggunakan poster maupun bukurnyang gambarnya masih bersifat dua dimensi, yang kurang diminati untuk anakrnzaman sekarang yang sifatnya lebih digital dan moderen.rnAplikasi yang dibuat menggunakan teknologi Augmented-realityrndengan merapkan metode text recognition. Penerapan metode text recognition padarnaplikasi terlebih dahulu membuat visual teks dua dimensi di aplikasi unity yangrnditujukan untuk menyerupai teks nyata dua dimensi yang nantinya akan di berikanrnidentitas object tertentu untuk memunculkan objek tiga dimensi yang sudahrndilakukan pengujian dalam huruf digital (font) dan tulisan tangan, dimana hurufrndigital dengan menggunakan kararter perkodean UTF-8 dan tulisan tangan harusrnmenulis dengan presisi. Download database dari vuforia tentang text recognation,rnitu berisi karakteristik-karakteristik yang sudah ditentukan oleh vuforia apa sajarnhuruf-huruf yang bisa terbaca nantinya yang memiliki karakter perkodean UTF-8.rnPenelitian yang telah dilakukan menghasilkan aplikasi pengenalan buahrnmenggunakan teknologi augmented reality dengan metode text recognition andrntracking berbasis android yang dapat menampilkan objek buah visual tiga dimensi,rnyang didalamnya memiliki fiktur keterangan deskripsi untuk pembelajaran anakrndengan bentuk audio dan teks. Marker dalam pengujian bisa menggunakan tulisanrntangan yang di tulis secara presisi, marker juga bisa menggunakan berbagai warna,rnberbagai ukuran dan maupun bentuk huruf yang berbeda tetapi huruf harusrnmenggunakan karakter pengkodean UTF-8.rnKata kunci : Android, Augmented Reality, Marker, Text Recognition, Tracking. |
---|