PENGENALAN BUAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGIrnAUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERrnTEXT RECOGNITION AND TRACKING BERBASISrnANDROID

Pengenalan buah menggunakan objek visual 3 dimensi lebih diminatirndalam pembelajaran dimasa pertumbuhan anak untuk menumbuhkan minat dalamrnmengkomsumsi buah maupun mengetauhi jenis-jenis buah yang akan di konsumsi.rnDisini dalam pengenalan buah masih banyak menggunakan poster maupun bukurnyang gam...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Y. Yohakim M, S.Kom., M.Cs, Widanarko, Muhammad - 135410193
Language:Indonesian
Published: STMIK AKAKOM 2019
Subjects:
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id oai:opac.utdi.ac.id:slims-385
record_format oai_dc
spelling oai:opac.utdi.ac.id:slims-3852020-08-10T13:32:14Z PENGENALAN BUAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGIrnAUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERrnTEXT RECOGNITION AND TRACKING BERBASISrnANDROID Y. Yohakim M, S.Kom., M.Cs Widanarko, Muhammad - 135410193 AUGMENTED Berbasis Android STMIK AKAKOM 2019 id Text Skripsi http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=385 Pengenalan buah menggunakan objek visual 3 dimensi lebih diminatirndalam pembelajaran dimasa pertumbuhan anak untuk menumbuhkan minat dalamrnmengkomsumsi buah maupun mengetauhi jenis-jenis buah yang akan di konsumsi.rnDisini dalam pengenalan buah masih banyak menggunakan poster maupun bukurnyang gambarnya masih bersifat dua dimensi, yang kurang diminati untuk anakrnzaman sekarang yang sifatnya lebih digital dan moderen.rnAplikasi yang dibuat menggunakan teknologi Augmented-realityrndengan merapkan metode text recognition. Penerapan metode text recognition padarnaplikasi terlebih dahulu membuat visual teks dua dimensi di aplikasi unity yangrnditujukan untuk menyerupai teks nyata dua dimensi yang nantinya akan di berikanrnidentitas object tertentu untuk memunculkan objek tiga dimensi yang sudahrndilakukan pengujian dalam huruf digital (font) dan tulisan tangan, dimana hurufrndigital dengan menggunakan kararter perkodean UTF-8 dan tulisan tangan harusrnmenulis dengan presisi. Download database dari vuforia tentang text recognation,rnitu berisi karakteristik-karakteristik yang sudah ditentukan oleh vuforia apa sajarnhuruf-huruf yang bisa terbaca nantinya yang memiliki karakter perkodean UTF-8.rnPenelitian yang telah dilakukan menghasilkan aplikasi pengenalan buahrnmenggunakan teknologi augmented reality dengan metode text recognition andrntracking berbasis android yang dapat menampilkan objek buah visual tiga dimensi,rnyang didalamnya memiliki fiktur keterangan deskripsi untuk pembelajaran anakrndengan bentuk audio dan teks. Marker dalam pengujian bisa menggunakan tulisanrntangan yang di tulis secara presisi, marker juga bisa menggunakan berbagai warna,rnberbagai ukuran dan maupun bentuk huruf yang berbeda tetapi huruf harusrnmenggunakan karakter pengkodean UTF-8.rnKata kunci : Android, Augmented Reality, Marker, Text Recognition, Tracking. Yogyakarta xiii, 40 hlm, ilus; 29 cm
institution UTDI
collection Universitas Teknologi Digital Indonesia
language Indonesian
topic AUGMENTED
Berbasis Android
spellingShingle AUGMENTED
Berbasis Android
Y. Yohakim M, S.Kom., M.Cs
Widanarko, Muhammad - 135410193
PENGENALAN BUAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGIrnAUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERrnTEXT RECOGNITION AND TRACKING BERBASISrnANDROID
description Pengenalan buah menggunakan objek visual 3 dimensi lebih diminatirndalam pembelajaran dimasa pertumbuhan anak untuk menumbuhkan minat dalamrnmengkomsumsi buah maupun mengetauhi jenis-jenis buah yang akan di konsumsi.rnDisini dalam pengenalan buah masih banyak menggunakan poster maupun bukurnyang gambarnya masih bersifat dua dimensi, yang kurang diminati untuk anakrnzaman sekarang yang sifatnya lebih digital dan moderen.rnAplikasi yang dibuat menggunakan teknologi Augmented-realityrndengan merapkan metode text recognition. Penerapan metode text recognition padarnaplikasi terlebih dahulu membuat visual teks dua dimensi di aplikasi unity yangrnditujukan untuk menyerupai teks nyata dua dimensi yang nantinya akan di berikanrnidentitas object tertentu untuk memunculkan objek tiga dimensi yang sudahrndilakukan pengujian dalam huruf digital (font) dan tulisan tangan, dimana hurufrndigital dengan menggunakan kararter perkodean UTF-8 dan tulisan tangan harusrnmenulis dengan presisi. Download database dari vuforia tentang text recognation,rnitu berisi karakteristik-karakteristik yang sudah ditentukan oleh vuforia apa sajarnhuruf-huruf yang bisa terbaca nantinya yang memiliki karakter perkodean UTF-8.rnPenelitian yang telah dilakukan menghasilkan aplikasi pengenalan buahrnmenggunakan teknologi augmented reality dengan metode text recognition andrntracking berbasis android yang dapat menampilkan objek buah visual tiga dimensi,rnyang didalamnya memiliki fiktur keterangan deskripsi untuk pembelajaran anakrndengan bentuk audio dan teks. Marker dalam pengujian bisa menggunakan tulisanrntangan yang di tulis secara presisi, marker juga bisa menggunakan berbagai warna,rnberbagai ukuran dan maupun bentuk huruf yang berbeda tetapi huruf harusrnmenggunakan karakter pengkodean UTF-8.rnKata kunci : Android, Augmented Reality, Marker, Text Recognition, Tracking.
author Y. Yohakim M, S.Kom., M.Cs
Widanarko, Muhammad - 135410193
author_facet Y. Yohakim M, S.Kom., M.Cs
Widanarko, Muhammad - 135410193
author_sort Y. Yohakim M, S.Kom., M.Cs
title PENGENALAN BUAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGIrnAUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERrnTEXT RECOGNITION AND TRACKING BERBASISrnANDROID
title_short PENGENALAN BUAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGIrnAUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERrnTEXT RECOGNITION AND TRACKING BERBASISrnANDROID
title_full PENGENALAN BUAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGIrnAUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERrnTEXT RECOGNITION AND TRACKING BERBASISrnANDROID
title_fullStr PENGENALAN BUAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGIrnAUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERrnTEXT RECOGNITION AND TRACKING BERBASISrnANDROID
title_full_unstemmed PENGENALAN BUAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGIrnAUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERrnTEXT RECOGNITION AND TRACKING BERBASISrnANDROID
title_sort pengenalan buah menggunakan teknologirnaugmented reality dengan metode markerrntext recognition and tracking berbasisrnandroid
publisher STMIK AKAKOM
publishDate 2019
callnumber-raw http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=385
callnumber-search http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=385
_version_ 1741198990599258112