ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnMENGGUNAKAN METODE GOMS ANALYSIS DENGANrnMEMBANDINGKAN DUA WEBSITE E-COMMERCErnANALYSIS USER EXPERIENCE AND USER INTERFACErnUSING GOMS ANALYSIS WITH COMPARINGrnTWO WEBSITE E-COMMERCE

JD.id dan Lazada.co.id merupakan contoh website jual beli yang seringrndikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Kedua website ini memiliki tampilan userrninterface dan proses pembelian yang berbeda. Untuk itu diperlukan perbandinganrnuntuk mengetahui website mana yang memiliki user interface yang lebih...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Edy Prayitno, S.Kom., S.E., M.Eng, Putra, Devansa Dipda - 145610136
Language:Indonesian
Published: STMIK AKAKOM 2019
Subjects:
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id oai:opac.utdi.ac.id:slims-435
record_format oai_dc
spelling oai:opac.utdi.ac.id:slims-4352020-08-10T13:32:14Z ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnMENGGUNAKAN METODE GOMS ANALYSIS DENGANrnMEMBANDINGKAN DUA WEBSITE E-COMMERCErnANALYSIS USER EXPERIENCE AND USER INTERFACErnUSING GOMS ANALYSIS WITH COMPARINGrnTWO WEBSITE E-COMMERCE Edy Prayitno, S.Kom., S.E., M.Eng Putra, Devansa Dipda - 145610136 Metode Goms Analisis User Berbasis Website STMIK AKAKOM 2019 id Text Skripsi http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=435 JD.id dan Lazada.co.id merupakan contoh website jual beli yang seringrndikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Kedua website ini memiliki tampilan userrninterface dan proses pembelian yang berbeda. Untuk itu diperlukan perbandinganrnuntuk mengetahui website mana yang memiliki user interface yang lebih baik danrnuntuk mengetahui website mana yang memiliki waktu proses pembelian yangrnlebih cepat.rnUntuk membandingkannya diperlukan metode SUS dan Metode GOMSrndengan teknik KLM. Metode SUS digunakan untuk mengukur nilai guna darirnkedua website yang melibatkan responden sebagai penilai user interface,rnsedangkan metode GOMS dengan teknik KLM digunakan untuk mengukur wakturnmasing-masing website dalam melakukan proses pembelian. Selain itu juga adarnkuisioner Pesona Creation and Usage Toolkit yang digunakan untuk mengetahuirnwebsite mana yang lebih disukai oleh responden.rnHasil dari metode SUS adalalah website Lazaada.co.id memiliki usabilityrnyang lebih baik daripada JD.id yaitu sebesar 66.0 sedangkan JD.id 63.9. Hasilrnperhitungan GOMS untuk website Lazada.co.id adalah 83.41 detik dan itu lebihrncepat dibandingkan dengan website JD.id yaitu selama 86.65 detik. Prosesrnpembelian yang mudah bukan alasan responden menyukai website jual beli,rnwebsite yang memiliki banyak barang adalah alasan utama respondenrnmenyukainya.rnKata kunci : GOMS KLM, SUS, user interface, user experience. Yogyakarta xiii, 49 hlm, ilus; 29 cm
institution UTDI
collection Universitas Teknologi Digital Indonesia
language Indonesian
topic Metode Goms
Analisis User
Berbasis Website
spellingShingle Metode Goms
Analisis User
Berbasis Website
Edy Prayitno, S.Kom., S.E., M.Eng
Putra, Devansa Dipda - 145610136
ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnMENGGUNAKAN METODE GOMS ANALYSIS DENGANrnMEMBANDINGKAN DUA WEBSITE E-COMMERCErnANALYSIS USER EXPERIENCE AND USER INTERFACErnUSING GOMS ANALYSIS WITH COMPARINGrnTWO WEBSITE E-COMMERCE
description JD.id dan Lazada.co.id merupakan contoh website jual beli yang seringrndikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Kedua website ini memiliki tampilan userrninterface dan proses pembelian yang berbeda. Untuk itu diperlukan perbandinganrnuntuk mengetahui website mana yang memiliki user interface yang lebih baik danrnuntuk mengetahui website mana yang memiliki waktu proses pembelian yangrnlebih cepat.rnUntuk membandingkannya diperlukan metode SUS dan Metode GOMSrndengan teknik KLM. Metode SUS digunakan untuk mengukur nilai guna darirnkedua website yang melibatkan responden sebagai penilai user interface,rnsedangkan metode GOMS dengan teknik KLM digunakan untuk mengukur wakturnmasing-masing website dalam melakukan proses pembelian. Selain itu juga adarnkuisioner Pesona Creation and Usage Toolkit yang digunakan untuk mengetahuirnwebsite mana yang lebih disukai oleh responden.rnHasil dari metode SUS adalalah website Lazaada.co.id memiliki usabilityrnyang lebih baik daripada JD.id yaitu sebesar 66.0 sedangkan JD.id 63.9. Hasilrnperhitungan GOMS untuk website Lazada.co.id adalah 83.41 detik dan itu lebihrncepat dibandingkan dengan website JD.id yaitu selama 86.65 detik. Prosesrnpembelian yang mudah bukan alasan responden menyukai website jual beli,rnwebsite yang memiliki banyak barang adalah alasan utama respondenrnmenyukainya.rnKata kunci : GOMS KLM, SUS, user interface, user experience.
author Edy Prayitno, S.Kom., S.E., M.Eng
Putra, Devansa Dipda - 145610136
author_facet Edy Prayitno, S.Kom., S.E., M.Eng
Putra, Devansa Dipda - 145610136
author_sort Edy Prayitno, S.Kom., S.E., M.Eng
title ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnMENGGUNAKAN METODE GOMS ANALYSIS DENGANrnMEMBANDINGKAN DUA WEBSITE E-COMMERCErnANALYSIS USER EXPERIENCE AND USER INTERFACErnUSING GOMS ANALYSIS WITH COMPARINGrnTWO WEBSITE E-COMMERCE
title_short ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnMENGGUNAKAN METODE GOMS ANALYSIS DENGANrnMEMBANDINGKAN DUA WEBSITE E-COMMERCErnANALYSIS USER EXPERIENCE AND USER INTERFACErnUSING GOMS ANALYSIS WITH COMPARINGrnTWO WEBSITE E-COMMERCE
title_full ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnMENGGUNAKAN METODE GOMS ANALYSIS DENGANrnMEMBANDINGKAN DUA WEBSITE E-COMMERCErnANALYSIS USER EXPERIENCE AND USER INTERFACErnUSING GOMS ANALYSIS WITH COMPARINGrnTWO WEBSITE E-COMMERCE
title_fullStr ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnMENGGUNAKAN METODE GOMS ANALYSIS DENGANrnMEMBANDINGKAN DUA WEBSITE E-COMMERCErnANALYSIS USER EXPERIENCE AND USER INTERFACErnUSING GOMS ANALYSIS WITH COMPARINGrnTWO WEBSITE E-COMMERCE
title_full_unstemmed ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnMENGGUNAKAN METODE GOMS ANALYSIS DENGANrnMEMBANDINGKAN DUA WEBSITE E-COMMERCErnANALYSIS USER EXPERIENCE AND USER INTERFACErnUSING GOMS ANALYSIS WITH COMPARINGrnTWO WEBSITE E-COMMERCE
title_sort analisis user experience dan user interfacernmenggunakan metode goms analysis denganrnmembandingkan dua website e-commercernanalysis user experience and user interfacernusing goms analysis with comparingrntwo website e-commerce
publisher STMIK AKAKOM
publishDate 2019
callnumber-raw http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=435
callnumber-search http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=435
_version_ 1741199000974917632