ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnMENGGUNAKAN METODE GOMS ANALYSIS DENGANrnMEMBANDINGKAN DUA WEBSITE E-COMMERCErnANALYSIS USER EXPERIENCE AND USER INTERFACErnUSING GOMS ANALYSIS WITH COMPARINGrnTWO WEBSITE E-COMMERCE
JD.id dan Lazada.co.id merupakan contoh website jual beli yang seringrndikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Kedua website ini memiliki tampilan userrninterface dan proses pembelian yang berbeda. Untuk itu diperlukan perbandinganrnuntuk mengetahui website mana yang memiliki user interface yang lebih...
Saved in:
Main Authors: | , |
---|---|
Language: | Indonesian |
Published: |
STMIK AKAKOM
2019
|
Subjects: | |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
oai:opac.utdi.ac.id:slims-435 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
oai:opac.utdi.ac.id:slims-4352020-08-10T13:32:14Z ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnMENGGUNAKAN METODE GOMS ANALYSIS DENGANrnMEMBANDINGKAN DUA WEBSITE E-COMMERCErnANALYSIS USER EXPERIENCE AND USER INTERFACErnUSING GOMS ANALYSIS WITH COMPARINGrnTWO WEBSITE E-COMMERCE Edy Prayitno, S.Kom., S.E., M.Eng Putra, Devansa Dipda - 145610136 Metode Goms Analisis User Berbasis Website STMIK AKAKOM 2019 id Text Skripsi http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=435 JD.id dan Lazada.co.id merupakan contoh website jual beli yang seringrndikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Kedua website ini memiliki tampilan userrninterface dan proses pembelian yang berbeda. Untuk itu diperlukan perbandinganrnuntuk mengetahui website mana yang memiliki user interface yang lebih baik danrnuntuk mengetahui website mana yang memiliki waktu proses pembelian yangrnlebih cepat.rnUntuk membandingkannya diperlukan metode SUS dan Metode GOMSrndengan teknik KLM. Metode SUS digunakan untuk mengukur nilai guna darirnkedua website yang melibatkan responden sebagai penilai user interface,rnsedangkan metode GOMS dengan teknik KLM digunakan untuk mengukur wakturnmasing-masing website dalam melakukan proses pembelian. Selain itu juga adarnkuisioner Pesona Creation and Usage Toolkit yang digunakan untuk mengetahuirnwebsite mana yang lebih disukai oleh responden.rnHasil dari metode SUS adalalah website Lazaada.co.id memiliki usabilityrnyang lebih baik daripada JD.id yaitu sebesar 66.0 sedangkan JD.id 63.9. Hasilrnperhitungan GOMS untuk website Lazada.co.id adalah 83.41 detik dan itu lebihrncepat dibandingkan dengan website JD.id yaitu selama 86.65 detik. Prosesrnpembelian yang mudah bukan alasan responden menyukai website jual beli,rnwebsite yang memiliki banyak barang adalah alasan utama respondenrnmenyukainya.rnKata kunci : GOMS KLM, SUS, user interface, user experience. Yogyakarta xiii, 49 hlm, ilus; 29 cm |
institution |
UTDI |
collection |
Universitas Teknologi Digital Indonesia |
language |
Indonesian |
topic |
Metode Goms Analisis User Berbasis Website |
spellingShingle |
Metode Goms Analisis User Berbasis Website Edy Prayitno, S.Kom., S.E., M.Eng Putra, Devansa Dipda - 145610136 ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnMENGGUNAKAN METODE GOMS ANALYSIS DENGANrnMEMBANDINGKAN DUA WEBSITE E-COMMERCErnANALYSIS USER EXPERIENCE AND USER INTERFACErnUSING GOMS ANALYSIS WITH COMPARINGrnTWO WEBSITE E-COMMERCE |
description |
JD.id dan Lazada.co.id merupakan contoh website jual beli yang seringrndikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Kedua website ini memiliki tampilan userrninterface dan proses pembelian yang berbeda. Untuk itu diperlukan perbandinganrnuntuk mengetahui website mana yang memiliki user interface yang lebih baik danrnuntuk mengetahui website mana yang memiliki waktu proses pembelian yangrnlebih cepat.rnUntuk membandingkannya diperlukan metode SUS dan Metode GOMSrndengan teknik KLM. Metode SUS digunakan untuk mengukur nilai guna darirnkedua website yang melibatkan responden sebagai penilai user interface,rnsedangkan metode GOMS dengan teknik KLM digunakan untuk mengukur wakturnmasing-masing website dalam melakukan proses pembelian. Selain itu juga adarnkuisioner Pesona Creation and Usage Toolkit yang digunakan untuk mengetahuirnwebsite mana yang lebih disukai oleh responden.rnHasil dari metode SUS adalalah website Lazaada.co.id memiliki usabilityrnyang lebih baik daripada JD.id yaitu sebesar 66.0 sedangkan JD.id 63.9. Hasilrnperhitungan GOMS untuk website Lazada.co.id adalah 83.41 detik dan itu lebihrncepat dibandingkan dengan website JD.id yaitu selama 86.65 detik. Prosesrnpembelian yang mudah bukan alasan responden menyukai website jual beli,rnwebsite yang memiliki banyak barang adalah alasan utama respondenrnmenyukainya.rnKata kunci : GOMS KLM, SUS, user interface, user experience. |
author |
Edy Prayitno, S.Kom., S.E., M.Eng Putra, Devansa Dipda - 145610136 |
author_facet |
Edy Prayitno, S.Kom., S.E., M.Eng Putra, Devansa Dipda - 145610136 |
author_sort |
Edy Prayitno, S.Kom., S.E., M.Eng |
title |
ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnMENGGUNAKAN METODE GOMS ANALYSIS DENGANrnMEMBANDINGKAN DUA WEBSITE E-COMMERCErnANALYSIS USER EXPERIENCE AND USER INTERFACErnUSING GOMS ANALYSIS WITH COMPARINGrnTWO WEBSITE E-COMMERCE |
title_short |
ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnMENGGUNAKAN METODE GOMS ANALYSIS DENGANrnMEMBANDINGKAN DUA WEBSITE E-COMMERCErnANALYSIS USER EXPERIENCE AND USER INTERFACErnUSING GOMS ANALYSIS WITH COMPARINGrnTWO WEBSITE E-COMMERCE |
title_full |
ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnMENGGUNAKAN METODE GOMS ANALYSIS DENGANrnMEMBANDINGKAN DUA WEBSITE E-COMMERCErnANALYSIS USER EXPERIENCE AND USER INTERFACErnUSING GOMS ANALYSIS WITH COMPARINGrnTWO WEBSITE E-COMMERCE |
title_fullStr |
ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnMENGGUNAKAN METODE GOMS ANALYSIS DENGANrnMEMBANDINGKAN DUA WEBSITE E-COMMERCErnANALYSIS USER EXPERIENCE AND USER INTERFACErnUSING GOMS ANALYSIS WITH COMPARINGrnTWO WEBSITE E-COMMERCE |
title_full_unstemmed |
ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnMENGGUNAKAN METODE GOMS ANALYSIS DENGANrnMEMBANDINGKAN DUA WEBSITE E-COMMERCErnANALYSIS USER EXPERIENCE AND USER INTERFACErnUSING GOMS ANALYSIS WITH COMPARINGrnTWO WEBSITE E-COMMERCE |
title_sort |
analisis user experience dan user interfacernmenggunakan metode goms analysis denganrnmembandingkan dua website e-commercernanalysis user experience and user interfacernusing goms analysis with comparingrntwo website e-commerce |
publisher |
STMIK AKAKOM |
publishDate |
2019 |
callnumber-raw |
http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=435 |
callnumber-search |
http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=435 |
_version_ |
1741199000974917632 |