ANALISIS PERBANDINGAN PENGGUNAAN KENDALI AKSELEROMETER DAN SENTUHAN PADA PERMAINAN GATOTKACA LOST IN SPACE

INTISARIrnGatotkaca Lost in Space adalah sebuah permainan verticalrnside-scroller dengan genre casual yang di buat dengan dua jenis tipernkendali untuk memainkan permainan tersebut. Tipe kendali yangrnditanamkan pada permainan tersebut adalah akselerometer danrnsentuhan pada layar sehingga pengguna...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Sri Redjeki, Widodo, Wresni Wahyu - 125410217
Language:Indonesian
Published: STMIK AKAKOM 2016
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:INTISARIrnGatotkaca Lost in Space adalah sebuah permainan verticalrnside-scroller dengan genre casual yang di buat dengan dua jenis tipernkendali untuk memainkan permainan tersebut. Tipe kendali yangrnditanamkan pada permainan tersebut adalah akselerometer danrnsentuhan pada layar sehingga pengguna dapat membandingkanrnkedua tipe kendali tersebut pada permainan Gatotkaca Lost in Space.rnPermainan ini dibuat menggunakan Unity Game Engine 5.0 denganrneditor Mono Develop.rnTujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasilrnanalisis perbandingan dari dua macam tipe kendali pada permainanrnGatotkaca Lost in Space dari segi user experience. Untuk parameterrnyang dibandigkan adalah kenyamanan, skor yang didapat, dan wakturnpenyelesaian. Metode Analisis yang digunakan pada penelitian inirnadalahrnAnalisisrnDeskriptifrnKuantitatif.rnSedangkanrnMetodernPengumpulan Data yang digunakan adalah kuesioner dengan jumlahrnresponden 50 orang dimana 25 orang adalah mahasiswa dan 25rnorang adalah pelajar SMP.rnBerdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa padarnpermainan vertical side-scroller dengan genre casual sepertirnGatotkaca Lost in Space ini menggunakan tipe kendali sentuhan lebihrnnyaman dibandingkan dengan menggunakan tipe kendali sensorrnakselerometer. Selain itu dengan menggunakan kendali sentuhan inirnjuga sebagian besar responden bisa mendapatkan skor yang lebihrntinggi dibandingkan meggunakan sensor akselerometer. Sedangkanrnuntuk waktu penyelesaian berdasarkan hasil perhitungan rata-ratarndapat disimpulkan bahwa menggunakan akselerometer lebih cepatrnuntuk menyelesaikan permainan.rnKata Kunci : Akselerometer, Layar Sentuh , Mobile ,Game , Android,rnUnity3D.rn