TEGNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERLESS UNTUK PENCARIAN LOKASI BINATANG DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA
INTISARIrnGembira Loka merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyakrndikunjungi. Gembira Loka menyuguhkan wisata keindahan alam,satwa danrnbeberapa wahana permainan. Setiap pengunjung yang datang akan mendapatkanrnpeta lokasi dari setiap binatang yang ada. Akan tetapi peta yang diberikan ma...
Saved in:
Main Authors: | , |
---|---|
Language: | Indonesian |
Published: |
STMIK AKAKOM
2016
|
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
oai:opac.utdi.ac.id:slims-7787 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
oai:opac.utdi.ac.id:slims-77872020-08-10T13:32:14Z TEGNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERLESS UNTUK PENCARIAN LOKASI BINATANG DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA M. Guntara Hidayatulloh, Fithroh - 125410273 STMIK AKAKOM 2016 id Text Skripsi http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=7787 INTISARIrnGembira Loka merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyakrndikunjungi. Gembira Loka menyuguhkan wisata keindahan alam,satwa danrnbeberapa wahana permainan. Setiap pengunjung yang datang akan mendapatkanrnpeta lokasi dari setiap binatang yang ada. Akan tetapi peta yang diberikan masihrndalam bentuk kertas dan papan , tentunya dengan peta kertas dan papan tidak dapatrnmenunjukan posisi pengunjung. Maka dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapatrnmemberikan informasi lokasi binatang dan juga lokasi pengguna. Denganrnmemanfaatkan dukungan perangkat keras pada smartphone seperti adanya kamera,rnGPS, sensor akselerometer, dan kompas.rnDalam proses pembangunan aplikasi ada dua tahapan yang dilakukan, yaiturnpengambilan lokasi latitude dan longitude dari setiap binatang denganrnmemanfaatkan GPS, kemudian pembangunan aplikasi dengan menggunakanrnteknologi Augmented Reality, dimana metode yang digunakan adalah metodernmarkerles. Dengan menggunkan lokasi yang didapatkan dan penggunaan teknologirnAugmented Reality serta fitur kamera, GPS, sensor akselerometer, dan kompasrnmaka lokasi dari setiap binatang dapat ditampikan dengan munggunakan kamera.rnAplikasi ini dapat manampilkan lokasi pengguna dan lokasi binatang yangrndicari dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Selain itu aplikasi jugarndapat menampilkan jarak pengguna dan lokasi berdasarkan garis lurus. ObjekrnAugmented Reality terlihat kecil saat jaraknya jauh dari lokasi pengguna dan akanrnmembesar saat berada dekat dengan lokasi pengguna.rnKata kunci :Augmented Reality, Gembira Loka, Markerless, Smartphonern Yogyakarta http://opac.utdi.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/125410273.png.png xiv, 37 hlm.; ilus. |
institution |
UTDI |
collection |
Universitas Teknologi Digital Indonesia |
language |
Indonesian |
description |
INTISARIrnGembira Loka merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyakrndikunjungi. Gembira Loka menyuguhkan wisata keindahan alam,satwa danrnbeberapa wahana permainan. Setiap pengunjung yang datang akan mendapatkanrnpeta lokasi dari setiap binatang yang ada. Akan tetapi peta yang diberikan masihrndalam bentuk kertas dan papan , tentunya dengan peta kertas dan papan tidak dapatrnmenunjukan posisi pengunjung. Maka dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapatrnmemberikan informasi lokasi binatang dan juga lokasi pengguna. Denganrnmemanfaatkan dukungan perangkat keras pada smartphone seperti adanya kamera,rnGPS, sensor akselerometer, dan kompas.rnDalam proses pembangunan aplikasi ada dua tahapan yang dilakukan, yaiturnpengambilan lokasi latitude dan longitude dari setiap binatang denganrnmemanfaatkan GPS, kemudian pembangunan aplikasi dengan menggunakanrnteknologi Augmented Reality, dimana metode yang digunakan adalah metodernmarkerles. Dengan menggunkan lokasi yang didapatkan dan penggunaan teknologirnAugmented Reality serta fitur kamera, GPS, sensor akselerometer, dan kompasrnmaka lokasi dari setiap binatang dapat ditampikan dengan munggunakan kamera.rnAplikasi ini dapat manampilkan lokasi pengguna dan lokasi binatang yangrndicari dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Selain itu aplikasi jugarndapat menampilkan jarak pengguna dan lokasi berdasarkan garis lurus. ObjekrnAugmented Reality terlihat kecil saat jaraknya jauh dari lokasi pengguna dan akanrnmembesar saat berada dekat dengan lokasi pengguna.rnKata kunci :Augmented Reality, Gembira Loka, Markerless, Smartphonern |
author |
M. Guntara Hidayatulloh, Fithroh - 125410273 |
spellingShingle |
M. Guntara Hidayatulloh, Fithroh - 125410273 TEGNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERLESS UNTUK PENCARIAN LOKASI BINATANG DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA |
author_facet |
M. Guntara Hidayatulloh, Fithroh - 125410273 |
author_sort |
M. Guntara |
title |
TEGNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERLESS UNTUK PENCARIAN LOKASI BINATANG DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA |
title_short |
TEGNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERLESS UNTUK PENCARIAN LOKASI BINATANG DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA |
title_full |
TEGNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERLESS UNTUK PENCARIAN LOKASI BINATANG DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA |
title_fullStr |
TEGNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERLESS UNTUK PENCARIAN LOKASI BINATANG DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA |
title_full_unstemmed |
TEGNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERLESS UNTUK PENCARIAN LOKASI BINATANG DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA |
title_sort |
tegnologi augmented reality dengan metode markerless untuk pencarian lokasi binatang di kebun binatang gembira loka |
publisher |
STMIK AKAKOM |
publishDate |
2016 |
callnumber-raw |
http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=7787 |
callnumber-search |
http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=7787 |
_version_ |
1741200422295568384 |