TEGNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERLESS UNTUK PENCARIAN LOKASI BINATANG DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA

INTISARIrnGembira Loka merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyakrndikunjungi. Gembira Loka menyuguhkan wisata keindahan alam,satwa danrnbeberapa wahana permainan. Setiap pengunjung yang datang akan mendapatkanrnpeta lokasi dari setiap binatang yang ada. Akan tetapi peta yang diberikan ma...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: M. Guntara, Hidayatulloh, Fithroh - 125410273
Language:Indonesian
Published: STMIK AKAKOM 2016
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id oai:opac.utdi.ac.id:slims-7787
record_format oai_dc
spelling oai:opac.utdi.ac.id:slims-77872020-08-10T13:32:14Z TEGNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERLESS UNTUK PENCARIAN LOKASI BINATANG DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA M. Guntara Hidayatulloh, Fithroh - 125410273 STMIK AKAKOM 2016 id Text Skripsi http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=7787 INTISARIrnGembira Loka merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyakrndikunjungi. Gembira Loka menyuguhkan wisata keindahan alam,satwa danrnbeberapa wahana permainan. Setiap pengunjung yang datang akan mendapatkanrnpeta lokasi dari setiap binatang yang ada. Akan tetapi peta yang diberikan masihrndalam bentuk kertas dan papan , tentunya dengan peta kertas dan papan tidak dapatrnmenunjukan posisi pengunjung. Maka dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapatrnmemberikan informasi lokasi binatang dan juga lokasi pengguna. Denganrnmemanfaatkan dukungan perangkat keras pada smartphone seperti adanya kamera,rnGPS, sensor akselerometer, dan kompas.rnDalam proses pembangunan aplikasi ada dua tahapan yang dilakukan, yaiturnpengambilan lokasi latitude dan longitude dari setiap binatang denganrnmemanfaatkan GPS, kemudian pembangunan aplikasi dengan menggunakanrnteknologi Augmented Reality, dimana metode yang digunakan adalah metodernmarkerles. Dengan menggunkan lokasi yang didapatkan dan penggunaan teknologirnAugmented Reality serta fitur kamera, GPS, sensor akselerometer, dan kompasrnmaka lokasi dari setiap binatang dapat ditampikan dengan munggunakan kamera.rnAplikasi ini dapat manampilkan lokasi pengguna dan lokasi binatang yangrndicari dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Selain itu aplikasi jugarndapat menampilkan jarak pengguna dan lokasi berdasarkan garis lurus. ObjekrnAugmented Reality terlihat kecil saat jaraknya jauh dari lokasi pengguna dan akanrnmembesar saat berada dekat dengan lokasi pengguna.rnKata kunci :Augmented Reality, Gembira Loka, Markerless, Smartphonern Yogyakarta http://opac.utdi.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/125410273.png.png xiv, 37 hlm.; ilus.
institution UTDI
collection Universitas Teknologi Digital Indonesia
language Indonesian
description INTISARIrnGembira Loka merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyakrndikunjungi. Gembira Loka menyuguhkan wisata keindahan alam,satwa danrnbeberapa wahana permainan. Setiap pengunjung yang datang akan mendapatkanrnpeta lokasi dari setiap binatang yang ada. Akan tetapi peta yang diberikan masihrndalam bentuk kertas dan papan , tentunya dengan peta kertas dan papan tidak dapatrnmenunjukan posisi pengunjung. Maka dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapatrnmemberikan informasi lokasi binatang dan juga lokasi pengguna. Denganrnmemanfaatkan dukungan perangkat keras pada smartphone seperti adanya kamera,rnGPS, sensor akselerometer, dan kompas.rnDalam proses pembangunan aplikasi ada dua tahapan yang dilakukan, yaiturnpengambilan lokasi latitude dan longitude dari setiap binatang denganrnmemanfaatkan GPS, kemudian pembangunan aplikasi dengan menggunakanrnteknologi Augmented Reality, dimana metode yang digunakan adalah metodernmarkerles. Dengan menggunkan lokasi yang didapatkan dan penggunaan teknologirnAugmented Reality serta fitur kamera, GPS, sensor akselerometer, dan kompasrnmaka lokasi dari setiap binatang dapat ditampikan dengan munggunakan kamera.rnAplikasi ini dapat manampilkan lokasi pengguna dan lokasi binatang yangrndicari dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Selain itu aplikasi jugarndapat menampilkan jarak pengguna dan lokasi berdasarkan garis lurus. ObjekrnAugmented Reality terlihat kecil saat jaraknya jauh dari lokasi pengguna dan akanrnmembesar saat berada dekat dengan lokasi pengguna.rnKata kunci :Augmented Reality, Gembira Loka, Markerless, Smartphonern
author M. Guntara
Hidayatulloh, Fithroh - 125410273
spellingShingle M. Guntara
Hidayatulloh, Fithroh - 125410273
TEGNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERLESS UNTUK PENCARIAN LOKASI BINATANG DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA
author_facet M. Guntara
Hidayatulloh, Fithroh - 125410273
author_sort M. Guntara
title TEGNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERLESS UNTUK PENCARIAN LOKASI BINATANG DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA
title_short TEGNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERLESS UNTUK PENCARIAN LOKASI BINATANG DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA
title_full TEGNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERLESS UNTUK PENCARIAN LOKASI BINATANG DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA
title_fullStr TEGNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERLESS UNTUK PENCARIAN LOKASI BINATANG DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA
title_full_unstemmed TEGNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERLESS UNTUK PENCARIAN LOKASI BINATANG DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA
title_sort tegnologi augmented reality dengan metode markerless untuk pencarian lokasi binatang di kebun binatang gembira loka
publisher STMIK AKAKOM
publishDate 2016
callnumber-raw http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=7787
callnumber-search http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=7787
_version_ 1741200422295568384