ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnDENGAN PENDEKATAN GOMS ANALYSISrnSTUDI KASUS: TOKOPEDIA.COM

Kemudahan akses internet membuat kebiasaan berbelanja sebagian masyarakat berubah dari berbelanja langsung menjadi berbelanja online. Banyak website yang menawarkan layanan jual beli online, salah satunya adalah Tokopedia. User interface dari Tokopedia sendiri cukup menarik, tetapi pada proses pembe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Deborah Kurniawati, S.Kom., M.Cs., Wibowo, Rizki Adiguno - 135610123
Language:Indonesian
Published: STMIK AKAKOM Yogyakarta 2017
Subjects:
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id oai:opac.utdi.ac.id:slims-8414
record_format oai_dc
spelling oai:opac.utdi.ac.id:slims-84142020-08-10T13:32:14Z ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnDENGAN PENDEKATAN GOMS ANALYSISrnSTUDI KASUS: TOKOPEDIA.COM Deborah Kurniawati, S.Kom., M.Cs. Wibowo, Rizki Adiguno - 135610123 Analisis STMIK AKAKOM Yogyakarta 2017 id Text Skripsi http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=8414 Kemudahan akses internet membuat kebiasaan berbelanja sebagian masyarakat berubah dari berbelanja langsung menjadi berbelanja online. Banyak website yang menawarkan layanan jual beli online, salah satunya adalah Tokopedia. User interface dari Tokopedia sendiri cukup menarik, tetapi pada proses pembelian dirasa berbelit. Proses tersebut bisa mempengaruhi user experience dari Tokopedia. Untuk itu dibuat sebuah saran rancangan antarmuka yang menyederhanakan bagian tersebut.rnUntuk mengetahui pengalaman pengguna terhadap website digunakan kuesioner. Responden terdiri masyarakat umum yang familiar dengan website jual beli. Hasil kuesioner diolah untuk mengetahui karakteristik dan keinginan pengguna terhadap website jual beli. Untuk memprediksi waktu yang digunakan pemakai aplikasi dalam mencapai tujuan pada aplikasi dengan urutan langkah tertentu digunakan GOMS Analysis. Untuk membantu perancangan navigasi saran antarmuka digunakan metode Card Sorting. Hasil kuesioner, GOMS Analysis dan Card Sorting akan digunakan sebagai acuan dari pembuatan saran antarmuka Tokopedia.rnHasil dari penelitian adalah saran antarmuka Tokopedia yang sesuai dengan keinginan pengguna dan metode yang digunakan. Analisis GOMS untuk proses pembelian pada website Tokopedia adalah 52,6 detik. Dilakukan optimasi pada beberapa bagian proses pembelian yaitu pada pencarian barang.rnKata kunci: user interface, user experience, GOMS, web jual beli Yogyakarta xiii, 59 hlm.; ilus.; 29 cm
institution UTDI
collection Universitas Teknologi Digital Indonesia
language Indonesian
topic Analisis
spellingShingle Analisis
Deborah Kurniawati, S.Kom., M.Cs.
Wibowo, Rizki Adiguno - 135610123
ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnDENGAN PENDEKATAN GOMS ANALYSISrnSTUDI KASUS: TOKOPEDIA.COM
description Kemudahan akses internet membuat kebiasaan berbelanja sebagian masyarakat berubah dari berbelanja langsung menjadi berbelanja online. Banyak website yang menawarkan layanan jual beli online, salah satunya adalah Tokopedia. User interface dari Tokopedia sendiri cukup menarik, tetapi pada proses pembelian dirasa berbelit. Proses tersebut bisa mempengaruhi user experience dari Tokopedia. Untuk itu dibuat sebuah saran rancangan antarmuka yang menyederhanakan bagian tersebut.rnUntuk mengetahui pengalaman pengguna terhadap website digunakan kuesioner. Responden terdiri masyarakat umum yang familiar dengan website jual beli. Hasil kuesioner diolah untuk mengetahui karakteristik dan keinginan pengguna terhadap website jual beli. Untuk memprediksi waktu yang digunakan pemakai aplikasi dalam mencapai tujuan pada aplikasi dengan urutan langkah tertentu digunakan GOMS Analysis. Untuk membantu perancangan navigasi saran antarmuka digunakan metode Card Sorting. Hasil kuesioner, GOMS Analysis dan Card Sorting akan digunakan sebagai acuan dari pembuatan saran antarmuka Tokopedia.rnHasil dari penelitian adalah saran antarmuka Tokopedia yang sesuai dengan keinginan pengguna dan metode yang digunakan. Analisis GOMS untuk proses pembelian pada website Tokopedia adalah 52,6 detik. Dilakukan optimasi pada beberapa bagian proses pembelian yaitu pada pencarian barang.rnKata kunci: user interface, user experience, GOMS, web jual beli
author Deborah Kurniawati, S.Kom., M.Cs.
Wibowo, Rizki Adiguno - 135610123
author_facet Deborah Kurniawati, S.Kom., M.Cs.
Wibowo, Rizki Adiguno - 135610123
author_sort Deborah Kurniawati, S.Kom., M.Cs.
title ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnDENGAN PENDEKATAN GOMS ANALYSISrnSTUDI KASUS: TOKOPEDIA.COM
title_short ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnDENGAN PENDEKATAN GOMS ANALYSISrnSTUDI KASUS: TOKOPEDIA.COM
title_full ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnDENGAN PENDEKATAN GOMS ANALYSISrnSTUDI KASUS: TOKOPEDIA.COM
title_fullStr ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnDENGAN PENDEKATAN GOMS ANALYSISrnSTUDI KASUS: TOKOPEDIA.COM
title_full_unstemmed ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnDENGAN PENDEKATAN GOMS ANALYSISrnSTUDI KASUS: TOKOPEDIA.COM
title_sort analisis user experience dan user interfacerndengan pendekatan goms analysisrnstudi kasus: tokopedia.com
publisher STMIK AKAKOM Yogyakarta
publishDate 2017
callnumber-raw http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=8414
callnumber-search http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=8414
_version_ 1741200541740957696