PENGGUNAAN MATERIAL DESIGN UNTUK PENGEMBANGAN ANTARMUKA APLIKASI BERBASIS ANDROID
Dunia desain aplikasi mobile tentu tidak lepas dari masalah User Interface (UI) dan User Experience (UX) karena kedua komponen tersebut merupakan kunci dari keberhasilan suatu aplikasi. Untuk menghasilkan suatu design antarmuka yang apik, google mengeluarkan desain antarmuka dengan nama Material Des...
Saved in:
Main Authors: | , |
---|---|
Language: | Indonesian |
Published: |
STMIK AKAKOM Yogyakarta
2017
|
Subjects: | |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
oai:opac.utdi.ac.id:slims-9431 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
oai:opac.utdi.ac.id:slims-94312020-08-10T13:32:14Z PENGGUNAAN MATERIAL DESIGN UNTUK PENGEMBANGAN ANTARMUKA APLIKASI BERBASIS ANDROID Pius D.W Anggoro, S.Si., M.Cs. Mukaromah, Khusnul Al - 125410124 Design STMIK AKAKOM Yogyakarta 2017 id Text Skripsi http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=9431 Dunia desain aplikasi mobile tentu tidak lepas dari masalah User Interface (UI) dan User Experience (UX) karena kedua komponen tersebut merupakan kunci dari keberhasilan suatu aplikasi. Untuk menghasilkan suatu design antarmuka yang apik, google mengeluarkan desain antarmuka dengan nama Material Design. Material Design adalah methapor dari kertas dan tinta yang memiliki desain tipografi, grid, ruang, skala, warna, dan penggunaan visual.rnKepuasan pengguna menjadi titik utama keberhasilan dalam pembuatan aplikasi. Untuk memenuhi kebutuhan pengguna maka perlu dilakukan analisis kepuasan pengguna terhadap elemen yang ada pada Material Design. Metode yang digunakan untuk analisis adalah Metode Kano. Metode kano digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna melalui kuesioner. Maka dari itu penulis membuat aplikasi Info Bioskop dengan elemen color, button, navigation drawer dan tabs slide sebagai alat yang digunakan untuk analisis.rnHasil yang didadapat dalam pengujian menggunakan metode Kano adalah pengguna merasa puas menggunakan antarmuka Material Design. Semua kategori Kano yang diperoleh dari Tabulation of Surveys adalah one dimensional. One dimensional menunjukkan tingkat kepuasan pengguna sepenuhnya bersifat proporsional, maka kepuasan pengguna akan meningkat jika elemen color, button, navigation drawer, card view dan tabs slide ada dalam aplikasi Info Bioskop.rnKata Kunci: Material Design, Metode Kano, UI, UX Yogyakarta xv, 51 hlm.; ilus.; 29 cm |
institution |
UTDI |
collection |
Universitas Teknologi Digital Indonesia |
language |
Indonesian |
topic |
Design |
spellingShingle |
Design Pius D.W Anggoro, S.Si., M.Cs. Mukaromah, Khusnul Al - 125410124 PENGGUNAAN MATERIAL DESIGN UNTUK PENGEMBANGAN ANTARMUKA APLIKASI BERBASIS ANDROID |
description |
Dunia desain aplikasi mobile tentu tidak lepas dari masalah User Interface (UI) dan User Experience (UX) karena kedua komponen tersebut merupakan kunci dari keberhasilan suatu aplikasi. Untuk menghasilkan suatu design antarmuka yang apik, google mengeluarkan desain antarmuka dengan nama Material Design. Material Design adalah methapor dari kertas dan tinta yang memiliki desain tipografi, grid, ruang, skala, warna, dan penggunaan visual.rnKepuasan pengguna menjadi titik utama keberhasilan dalam pembuatan aplikasi. Untuk memenuhi kebutuhan pengguna maka perlu dilakukan analisis kepuasan pengguna terhadap elemen yang ada pada Material Design. Metode yang digunakan untuk analisis adalah Metode Kano. Metode kano digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna melalui kuesioner. Maka dari itu penulis membuat aplikasi Info Bioskop dengan elemen color, button, navigation drawer dan tabs slide sebagai alat yang digunakan untuk analisis.rnHasil yang didadapat dalam pengujian menggunakan metode Kano adalah pengguna merasa puas menggunakan antarmuka Material Design. Semua kategori Kano yang diperoleh dari Tabulation of Surveys adalah one dimensional. One dimensional menunjukkan tingkat kepuasan pengguna sepenuhnya bersifat proporsional, maka kepuasan pengguna akan meningkat jika elemen color, button, navigation drawer, card view dan tabs slide ada dalam aplikasi Info Bioskop.rnKata Kunci: Material Design, Metode Kano, UI, UX |
author |
Pius D.W Anggoro, S.Si., M.Cs. Mukaromah, Khusnul Al - 125410124 |
author_facet |
Pius D.W Anggoro, S.Si., M.Cs. Mukaromah, Khusnul Al - 125410124 |
author_sort |
Pius D.W Anggoro, S.Si., M.Cs. |
title |
PENGGUNAAN MATERIAL DESIGN UNTUK PENGEMBANGAN ANTARMUKA APLIKASI BERBASIS ANDROID |
title_short |
PENGGUNAAN MATERIAL DESIGN UNTUK PENGEMBANGAN ANTARMUKA APLIKASI BERBASIS ANDROID |
title_full |
PENGGUNAAN MATERIAL DESIGN UNTUK PENGEMBANGAN ANTARMUKA APLIKASI BERBASIS ANDROID |
title_fullStr |
PENGGUNAAN MATERIAL DESIGN UNTUK PENGEMBANGAN ANTARMUKA APLIKASI BERBASIS ANDROID |
title_full_unstemmed |
PENGGUNAAN MATERIAL DESIGN UNTUK PENGEMBANGAN ANTARMUKA APLIKASI BERBASIS ANDROID |
title_sort |
penggunaan material design untuk pengembangan antarmuka aplikasi berbasis android |
publisher |
STMIK AKAKOM Yogyakarta |
publishDate |
2017 |
callnumber-raw |
http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=9431 |
callnumber-search |
http://opac.utdi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=9431 |
_version_ |
1741200736954351617 |