Perspektif teori pedagogi kritis Paulo Freire dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan musik Sekolah Dasar
Penelitian ini membahas tentang relevansi pedagogi kritis Paulo Freire terhadap kurikulum pendidikan musik tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Diskusi Kelomok Terarah (Focus Grou Discussion - FGD). Data penelitian dieroleh berdasarkan hasil FGD para...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2009
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=25572 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini membahas tentang relevansi pedagogi kritis Paulo Freire terhadap kurikulum pendidikan musik tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Diskusi Kelomok Terarah (Focus Grou Discussion - FGD). Data penelitian dieroleh berdasarkan hasil FGD para guru pengampu mata pelajaran seni musik dari SD Timuran I & Timuran II, SD Marsudirini, serta SD Caritas. Keempat SD tersebut berada di Yogyakarta. hasil FGD kemudian dikodifikasi untuk menemukan paradigma pedagogiknya. Selanjutnya tahap analisis & refleksi ditempuh guna mengetahui relevansi pedagogi kritis Paulo Freire dengan KTSP SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bebrapa tema utama dalam pedagogi kritis Paulo Freire seperti hubungan peran guru-murid dalam kelas, pendidikan kritis, pendidikan emansipatoris & dialogis relevan dengan paradigma guru peserta FGD. |
---|