Perspektif teori pedagogi kritis Paulo Freire dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan musik Sekolah Dasar

Penelitian ini membahas tentang relevansi pedagogi kritis Paulo Freire terhadap kurikulum pendidikan musik tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Diskusi Kelomok Terarah (Focus Grou Discussion - FGD). Data penelitian dieroleh berdasarkan hasil FGD para...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ANGGORO, Thomas Yulian
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2009
Subjects:
MS
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=25572
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-25572
record_format oai_dc
spelling isilib-255722015-04-14T08:52:44Z Perspektif teori pedagogi kritis Paulo Freire dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan musik Sekolah Dasar ANGGORO, Thomas Yulian Paulo Freire seni musik teori pedagogi FSP ISI Yogyakarta 2009 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=25572 MS/Ang/p/2009 Penelitian ini membahas tentang relevansi pedagogi kritis Paulo Freire terhadap kurikulum pendidikan musik tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Diskusi Kelomok Terarah (Focus Grou Discussion - FGD). Data penelitian dieroleh berdasarkan hasil FGD para guru pengampu mata pelajaran seni musik dari SD Timuran I & Timuran II, SD Marsudirini, serta SD Caritas. Keempat SD tersebut berada di Yogyakarta. hasil FGD kemudian dikodifikasi untuk menemukan paradigma pedagogiknya. Selanjutnya tahap analisis & refleksi ditempuh guna mengetahui relevansi pedagogi kritis Paulo Freire dengan KTSP SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bebrapa tema utama dalam pedagogi kritis Paulo Freire seperti hubungan peran guru-murid dalam kelas, pendidikan kritis, pendidikan emansipatoris & dialogis relevan dengan paradigma guru peserta FGD. Yogyakarta xii, 56 hal. : lamp. ; 30 cm MS http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Paulo Freire
seni musik teori pedagogi
MS
spellingShingle Paulo Freire
seni musik teori pedagogi
MS
ANGGORO, Thomas Yulian
Perspektif teori pedagogi kritis Paulo Freire dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan musik Sekolah Dasar
description Penelitian ini membahas tentang relevansi pedagogi kritis Paulo Freire terhadap kurikulum pendidikan musik tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Diskusi Kelomok Terarah (Focus Grou Discussion - FGD). Data penelitian dieroleh berdasarkan hasil FGD para guru pengampu mata pelajaran seni musik dari SD Timuran I & Timuran II, SD Marsudirini, serta SD Caritas. Keempat SD tersebut berada di Yogyakarta. hasil FGD kemudian dikodifikasi untuk menemukan paradigma pedagogiknya. Selanjutnya tahap analisis & refleksi ditempuh guna mengetahui relevansi pedagogi kritis Paulo Freire dengan KTSP SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bebrapa tema utama dalam pedagogi kritis Paulo Freire seperti hubungan peran guru-murid dalam kelas, pendidikan kritis, pendidikan emansipatoris & dialogis relevan dengan paradigma guru peserta FGD.
format Tugas Akhir
author ANGGORO, Thomas Yulian
author_facet ANGGORO, Thomas Yulian
author_sort ANGGORO, Thomas Yulian
title Perspektif teori pedagogi kritis Paulo Freire dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan musik Sekolah Dasar
title_short Perspektif teori pedagogi kritis Paulo Freire dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan musik Sekolah Dasar
title_full Perspektif teori pedagogi kritis Paulo Freire dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan musik Sekolah Dasar
title_fullStr Perspektif teori pedagogi kritis Paulo Freire dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan musik Sekolah Dasar
title_full_unstemmed Perspektif teori pedagogi kritis Paulo Freire dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan musik Sekolah Dasar
title_sort perspektif teori pedagogi kritis paulo freire dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan musik sekolah dasar
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2009
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=25572
_version_ 1741199085122093056