Aplikasi E-Gamelan Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Praktik Karawitan Secara Daring di SMP Negeri 2 Kretek

Pembelajaran Seni Karawitan kelas VIII di SMP Negeri 2 Kretek pada masa darurat covid-19 menjadi masalah bagi guru karena proses pembelajaran dituntut untuk dilakukan secara daring, yang mengakibatkan pembelajaran tidak mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, aplikasi E-Gamelan digunakan guru...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: JIWANDONO, Mas Drajad
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Jur. Pend. Seni Pertunjukan FSP ISI Yk. 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45801
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-45801
record_format oai_dc
spelling isilib-458012022-03-18T08:51:31Z Aplikasi E-Gamelan Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Praktik Karawitan Secara Daring di SMP Negeri 2 Kretek JIWANDONO, Mas Drajad seni karawitan media pembelajaran E-Gamelan Jur. Pend. Seni Pertunjukan FSP ISI Yk. 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45801 PSP/Jiw/a/2021 Pembelajaran Seni Karawitan kelas VIII di SMP Negeri 2 Kretek pada masa darurat covid-19 menjadi masalah bagi guru karena proses pembelajaran dituntut untuk dilakukan secara daring, yang mengakibatkan pembelajaran tidak mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, aplikasi E-Gamelan digunakan guru sebagai inovasi pengembangan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi e-gamelan sebagai alternatif media pembelajaran praktik karawitan secara daring di SMP Negeri 2 Kretek. Pada penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif. Peneliti melakukan pengumpulan data mulai dari observasi, wawancara hingga analisis dokumen yang berkaitan dengan permasalahan tersebut. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik di SMP Negeri 2 Kretek, sedangkan obyek penelitian adalah aplikasi e-gamelan sebagai alternatif media pembelajaran praktik karawitan secara daring. Teknik pengumpulan data yang dilakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik validasi pada penelitian ini menggunakan validasi triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media aplikasi E-Gamelan dalam proses pembelajaran praktik karawitan di SMP Negeri 2 Kretek cukup efektif membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta xvi, 88 hal.: ilus.: lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic seni karawitan
media pembelajaran
E-Gamelan
NONE
spellingShingle seni karawitan
media pembelajaran
E-Gamelan
NONE
JIWANDONO, Mas Drajad
Aplikasi E-Gamelan Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Praktik Karawitan Secara Daring di SMP Negeri 2 Kretek
description Pembelajaran Seni Karawitan kelas VIII di SMP Negeri 2 Kretek pada masa darurat covid-19 menjadi masalah bagi guru karena proses pembelajaran dituntut untuk dilakukan secara daring, yang mengakibatkan pembelajaran tidak mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, aplikasi E-Gamelan digunakan guru sebagai inovasi pengembangan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi e-gamelan sebagai alternatif media pembelajaran praktik karawitan secara daring di SMP Negeri 2 Kretek. Pada penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif. Peneliti melakukan pengumpulan data mulai dari observasi, wawancara hingga analisis dokumen yang berkaitan dengan permasalahan tersebut. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik di SMP Negeri 2 Kretek, sedangkan obyek penelitian adalah aplikasi e-gamelan sebagai alternatif media pembelajaran praktik karawitan secara daring. Teknik pengumpulan data yang dilakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik validasi pada penelitian ini menggunakan validasi triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media aplikasi E-Gamelan dalam proses pembelajaran praktik karawitan di SMP Negeri 2 Kretek cukup efektif membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran.
format Tugas Akhir
author JIWANDONO, Mas Drajad
author_facet JIWANDONO, Mas Drajad
author_sort JIWANDONO, Mas Drajad
title Aplikasi E-Gamelan Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Praktik Karawitan Secara Daring di SMP Negeri 2 Kretek
title_short Aplikasi E-Gamelan Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Praktik Karawitan Secara Daring di SMP Negeri 2 Kretek
title_full Aplikasi E-Gamelan Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Praktik Karawitan Secara Daring di SMP Negeri 2 Kretek
title_fullStr Aplikasi E-Gamelan Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Praktik Karawitan Secara Daring di SMP Negeri 2 Kretek
title_full_unstemmed Aplikasi E-Gamelan Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Praktik Karawitan Secara Daring di SMP Negeri 2 Kretek
title_sort aplikasi e-gamelan sebagai alternatif media pembelajaran praktik karawitan secara daring di smp negeri 2 kretek
publisher Jur. Pend. Seni Pertunjukan FSP ISI Yk.
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45801
_version_ 1741202282561667072